PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA
LAPANGAN
No
|
Hari
/Tanggal
|
Kegiatan
|
Masalah
Yang Timbul
|
Pemecahan
Masalah
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Senin
– jum’at, 23 Juni – 22 Agustus 2014
Senin
– jum’at,
30
Juni – 04 Juli 2014
Senin – jum’at,
07
– 11 Juli 2014
Senin
– jum’at,
14
– 18 Juli 2014
Senin
– jum’at,
21
– 25 Juli 2014
Senin – Jumat, 28 Juli – 1 Agustus
2014
Senin – jum’at,
04
-08 Agustus 2014
Senin
– jum’at,
11
-15 agustus 2014
Senin-
Jum’at, 18 – 22 Agustus 2014
|
Administrasi Konsumer
- Membuat Surat dukungan Keuangan
-Administrasi pengambilan berkas
kredit KGB
-Administrasi Setoran Kredit
mikro dan KGB
Administrasi Garansi Bank
Administrasi KGB
Administrasi Surat Masuk, Surat
Keluar, dan Memo.
Menjadi Assisten Teller dan
Customer Service.
Libur dan Cuti Bersama Idul
Fitri.
Membuat Surat dukungan Keuangan
Administrasi KGB
Administrasi Surat Masuk, Surat
Keluar, dan Memo.
-Administrasi pengambilan berkas
kredit KGB
|
-
Harus diketahui tanggal pertama
pembuatan rekening.
Harus
diketahui
No. PK
Menyetor ke Teller tidak boleh
lebih dari jam 15.00
-
-
-
-
-
|
-
Bertanya pada CS melihat EQ.
Membuka
EQ
Disetor jam 17.00 mengikuti
setoran samsat.
-
-
-
-
-
|
BAB IV
MASALAH YANG DITEMUI
DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
1.1.
Masalah-masalah
Lokasi Praktek Kerja Lapangan
1.1.1.
Masalah
sumber daya manusia
Dari segi nasabah
dibagian Customer Servise (CS) banyak yang tidak ikut aturan antrian sehingga
kadang terjadi perselisihan antar nasabah lain yang sudah antri. Tetapi
dibagian Teller sudah sangat baik karena tiap nasabah mematuhi aturan antri
sehingga tercipta keadaan yang kondusif. Dari segi kualitas tingkat pendidikan
pegawai merupakan penilaian yang mendasar untuk mengetahui tingkat kemampuan
dan pengetahuan seseorang. Namun Bersumber dari karyawan Bank BJB Cabang
Indramayu sendiri bahwasanya untuk memperoleh suatu jabatan dalam struktur
organisasi yang layak, semestinya karywan mempunyai kapasitas keilmuan,
kemampuan, pengalaman kerja dan pendidikan terakhir karywan yang sesuai dengan
struktur dalam organisasi perbankkan, agar karyawan mengetahui kondisi dan
situasi perusahaan, dan juga komunikasi antara atasan dan bawahan kurang
sehingga untuk mengambil keputusan kurang efektif dan evisien.
1.1.2.
Masalah
Keuangan
Setelah dilihat
dari Laporan keuangan pada Bank BJB Cabang Indramayu Baik dan transparan karena
setiap periode di publikasikan dalam website.
1.1.3.
Masalah
Produksi
Tidak ada masalah yang
berarti karena banyak produk yang ditawarkan Bank BJB karena letaknya dipusat
kota banyak nasabah yang menggunakan produk yang ditawarkan seperti Tabungan
Tandamata, Deposito, dan Kredit untuk para pegawai PNS, Politikus seperti
anggota DPRD, Pensiunan dan TNI/Polri.
1.1.4.
Masalah
Pemasaran
Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menargetkan penyaluran
kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp1,22 triliun. Potensi penyaluran KUR di
Jawa Barat masih sangat besar permintaan kredit mikro itu masih tinggi. Khusus
untuk kredit mikro, termasuk KUR sebagian ebsar diserap oleh pengusaha sektor
perdagangan.
Sekitar
98 persen kredit program tersebut diserap dilebih banyak dan hingga ke peloksok
kecamatan. untuk membantu debitor kredit mikro, disamping memfasilitasi kredit
juga memberikan pendampingan dan membantu membuat jaringan pemasaran. fungsi
perbankan tidak hanya pada penyaluran pinjaman, namun juga membantu debitur
untuk bisa memaksimalkan modal kerja dan usahanya.
Pendampingan
dilakukan untuk memastikan membantu pemecahan masalah, memberi solusi yang
tepat baik sisi manajemen, produksi hingga pemasaran," katanya.
1.2. Kerangka Pemikiran Usulan Pemecahan Masalah
1.2.1.
Pemecahan
Masalah Sumber Daya Manusia
Untuk meningkatkan
kualitas Sumber Daya Manusia Pada Bank BJB perlu adanya pendidikan dan
pelatihan pada karywan yang belum menguasai kapasitas keilmuan tantang
Perbankkan,
Perbaikan
nasabah pada Customer Service (CS), Sikap tegas karyawan CS dan Satpam harus
lebih ditingkatkan agar nasabah yang tidak sabaran antrian bisa lebih mentaati aturan dan ikut bersabar sama
seperti nasabah lain yang ikut antrian.
Pelayanan
Pendidikan dan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang lebihbaik
dari karyawan kepada nasabah perusahaan, karena pemberian pelayanan yang baik
merupakan daya menarik yang sangat penting bagi rekanan-rekanan perusahaan
bersangkutan.
1.2.2.
Pemecahan
Masalah Pemasaran
Untuk memperbanyak karyawan di bidang
pemasaran produk karena makin banyaknya nasabah Bank BJB dan melakukan promosi
di media cetak untuk menambah minat masyarakat terhadap perbankan yang ada di
daerah.
BAB V
PENUTUP
1.1.Kesimpulan
Bank
BJB (dahulu dikenal dengan Bank Jabar Banten) adalah bank BUMD milik
Pemerintah Provinsi Jawa Barat danBanten yang
berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk
perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang,
304 Kantor Cabang Pembantu, 140 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 103 Payment Point, 4
Kantor Wilayah, dan 473 Waroeng BJB.
PT
Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menjadi bank devisa sejak
tanggal 2 Agustus 1990. Dirut Bank BJB saat ini adalah Bien Subiantoro.
Berdasarkan hasil diperoleh oleh penulis
selama melakukan praktek Kerja Lapangan di Bank BJB Cabang Indramayu pada
Bagian Penanganan Proses Kredit, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa
mengembangkan dunia Perbankan sangatlah penting bagi kehidupan kita karena
dengan adanya Badan Usaha keuangan (Perbankan) dapat membantu keuangan rakyat,
membantu usaha rakyat, dan membantu Ekonomi Negara. Sehingga adanya penanganan
Proses kredit masyarakat kecil dapat dibantu dengan pinjaman uang dari badan
usaha keuangan (Bank) agar keuangan rakyat maupun ekonomi rakyat lebih baik.
1.2.Saran
Selama Penulis
melakukan praktek kerja lapangan di Bank BJB Cabang Indramayu, penulis akan
memberikan sedikit saran pada Bank BJB adapun saran dari penulis yaitu :
Ø Agar
Karyawan Bank BJB disiplin pada jam masuk istirahat jam 13.00 supaya nasabah
bisa langsung dilayani tidak harus menunggu terlalu lama.
Ø kedisiplinan petugas arsip dalam menyusun
arsip –arsip perbankkan agar efektif dalam mencari berkas yang ingin diambil
oleh nasabah.
Ø Dengan
semakin berkembangnya dunia perbankkan saat ini, maka diharapkan agar sistem
pelayanan yang di berikan oleh Bank BJB lebih di tingkatkan agar mendapatkan
hasil yang lebih efektif dan efisien.
Rekapitulasi Pegawai bank BJB cabang Indramayu Tahun
2014
Bukti lapran Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan
Transmigrasi kabupaten indramayu.
Deskripsi jabatan Bank BJB Tahun 2014
www.bankbjb.co.id
maksih teteh
BalasHapusBaccarat | Online Betting in Casino | Free Money No Deposit
BalasHapusNo deposit or deposit bonus 바카라 사이트 is the act of offering you access งานออนไลน์ to real money online casino games and sports betting. You 제왕 카지노 will find many online betting