Minggu, 09 November 2014

Laporan PKL di Bank BJB Cabang Indramayu

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT &BANTEN CABANG INDRAMAYU

OLEH :
ANIS KHOERUNNISA
NIM 612010112006

 PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU

2014

DAFTAR  ISI
Lembar Pengesahan ……………………………………………………………  i
Kata pengentar………………………………………………………………….  ii
Daftar isi………………………………………………………………………… iv
BAB I  PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang………………………………………………………1
1.2  Keadaan Umum Lokasi Praktek Kerja Lapangan
1.2.1        Sejarah Lokasi PKL…………………………………………3
1.2.2        Struktur Organisasi Lokasi PKL……………………………  6
1.2.3        Tugas dan Fungsi Masing-masing Bagian Lokasi PKL.... 10
1.2.4        Jenis Usaha/Kegiatan Lokasi PKL………………………....  22
1.3  Potensi Perusahaan
1.3.1        Potensi Sumber Daya Manusia…………………………  68
1.3.2        Potensi Keuangan…………………………………………  74
1.3.3        Potensi Produksi…………………………………………..  76
1.3.4        Potensi Pemasaran………………………………………… 76
BAB II     RENCANA KEGIATAN PRAKTEK KERJA   LAPANGAN…….. 77
BAB III   PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGA…. 78
BAB IV   MASALAH-MASALAH YANG DITEMUI DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
4.1      Masalah-Masalah Lokasi Praktek Kerja Lapangan
4.1.1        Masalah Sumber Daya Manusia……..…………… . 83
4.1.2        Masalah Keuangan……………………………...….  83
4.1.3        Masalah Produksi…………………………………..84
4.1.4        Masalah Pemasaran………………………………… 84
4.2      Kerangka Pemikiran Usulan Pemecahan Masalah
Dalam membuat kerangka pemikiran usulan pemecahan masalah harusdidasarkan literatur, sehingga dalam penulisannya harus menyertakan Kutipan pustaka………………………………………………………………85
BAB V     Kesimpulan dan Saran
5.1  Kesimpulan……………………………………………………….…86
5.2  Saran………………………………………………………………..87
Daftar Pustaka……………………………………………………………….…. 88
Lampiran……………………………………………………………………….   89

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Agung serta Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga saya sebagai penyusun dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan pada BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK CABANG INDRAMAYU yang merupakan salah satu syarat menyelesaikan program Praktek Kerja Lapangan Fakultas Ekonomi Universitas Wiralodra Indramayu.
Pada laporan ini saya mengambil data dari hasil praktek kerja lapangan yang di laksanakan di BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,TBK CABANG INDRAMAYU.
Pada laporan praktek kerja lapangan ini,saya sebagai penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam laporan ini. tetapi dengan dukungan serta saran dari beberapa pihak, maka kesalahan dalam penyusunan laporan ini saya jadikan motivasi dan petunjuk untuk menyelesaiakan laporan ini. Oleh karna itu saya sebagai penulis laporan ini mengucapkan banyak terima kasih,kepad yang terhormat :
1.      Bapak Sumardi HR,Drs.,SE.,MM.,selaku Dekan Fakultas Ekonomi  Universitas Wiralodra Indramayu.
2.      Ibu Fitria Damayanti, SE.,MM selaku Dosen Pembimbing selama Pelaksanaan PKL yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis.
3.      Bapak Joko Hartono kalisman ,selaku Direktur Utama BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,TBK CABANG INDRAMAYU..
4.      Ibu Evita Firdatunisa selaku pembimbing saya di PD. BPR PK CANTIGI Indramayu
5.      Seluruh staff BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN CABANG INDRAMAYU yang selalu memberikan motivasi saya dalam praktek kerja lapangan
6.      Serta teman-teman saya yang selalum memberikan dukungan
Saya menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, saya mengharapkan saran serta masukan dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk mencapai kesempurnaan.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya penulis dan umumnya pembaca. Aamiin

Indramayu, September 2014

                                                                                                Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang PKL
          Di setiap Negara di dunia membutuhkan sistem keuangan yang handal dan stabil agar dapat memajukan Negara dan mensejahtterakan penduduknya.oleh karna itu setiap Negara di dunia mendirikan badan usaha yang mengatur keuangan (BANK) yang bertujuan untuk mengelola system keuangan baik keuangan Negara maupun penduduknya (nasabah).
              Di Negara kita Indonesia banyak sekali badan usaha yang mengolah keuangan (BANK) baik milik Negara maupun swasta.Badan usaha keuangan (BANK) saling memberikan hal yang terbaik untuk para nasabahnya dan Negara, bahkan menurut laporan hampir setiap jam 2000 orang/nasabah Indonesia yang melakukan transaksi baik menyimpan,meminjam maupun mengha investasikan uangnya di badan usaha keuangan (BANK) tersebut.
               Di Negara kita setiap manajemen badan usaha keuangan (BANK) berusaha keras agar keungan berjalan stabil supaya dapat memajukan Ekonomi Negara dn masyarakatnya, Seperti di BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk Cabang Indramayu yang mempertahankan kesetabilan dan mutu pelayanan terbaik bagi penduduk Indonesia khususnya di Wilayah Indramayu,
                                                                                     
 Kemajuan badan usaha keuangan (BANK) dapat di lihat dari mutu pelayanannya, sistem pengoprasian keuangan yang baik dan dapat menggulirkan maupun menyimpan uang dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan badan usaha keuangan (BANK) dapat dipercaya di mata masyarakat maupun nasabah.  

1.1.1.      Maksud dan Tujuan
            Adapun maksud penulis melakukan  pkl adalah untuk bekal pengalaman bagi penulis dalam pengalaman kerja sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.
Tujuannya:
1.      Memberikan pengalaman belajar tentang proses suatu organisasi.
2.      Menambah wawasan  dan pengetahuan bagi mahasiswa.
3.      Memberikan pengalaman mahasiswa dalam membuat penelitian .
4.      Menambah kemampuan bersosialisasi dan bernegosiasi, dan kemampuan manajerial organisasi lainnya.
  
    1.2. Keadaan Umum Lokasi Praktek Kerja Lapangan
1.2.1.  Sejarah Singkat BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA
BARAT DAN BANTEN Cabang Indramayu
Pendirian Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dilatar belakangi oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 33 tahun 1960 tentang penentuan perusahaan di Indonesia milik Belanda yang dinasionalisasi. Salah satu perusahaan milik Belanda yang berkedudukan di Bandung yang dinasionalisasi yaitu NV Denis (De Erste Nederlansche Indische Shareholding) yang sebelumnya perusahaan tersebut bergerak di bidang bank hipotek. Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 1960 Pemerintah Propinsi Jawa Barat dengan Akta Notaris Noezar nomor 152 tanggal 21 Maret 1961 dan nomor 184 tanggal 13 Mei 1961 dan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Gubernur Propinsi Jawa Barat nomor 7/GKDH/BPD/61 tanggal 20 Mei 1961, mendirikan PD Bank Karya Pembangunan dengan modal dasar untuk pertama kali berasal dari Kas Daerah sebesar Rp. 2.500.000,00.
Perubahan Badan usaha - 1978
Untuk menyempurnakan kedudukan hukum Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat, dikeluarkan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Barat nomor 11/PD-DPRD/72 tanggal 27 Juni 1972 tentang kedudukan hukum Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat sebagai perusahaan daerah yang berusaha di bidang perbankan. Selanjutnya melalui Peraturan Daerah Propinsi Jawa Barat nomor 1/DP-040/PD/1978 tanggal 27 Juni 1978, nama PD. Bank Karya Pembangunan Daerah Jawa Barat diubah menjadi Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat.
Peningkatan Aktivitas - 1992
Pada tahun 1992 aktivitas Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat ditingkatkan menjadi Bank Umum Devisa berdasarkan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 25/84/KEP/DIR tanggal 2 November 1992 serta berdasarkan Perda Nomor 11 Tahun 1995 mempunyai sebutan "Bank Jabar" dengan logo baru.
Perubahan Bentuk Hukum - 1998
Dalam rangka mengikuti perkembangan perekonomian dan perbankan, maka berdasarkan Perda Nomor 22 Tahun 1998 dan Akta Pendirian Nomor 4 Tanggal 8 April 1999 berikut Akta Perbaikan Nomor 8 Tanggal 15 April 1999 yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman RI tanggal 16 April 1999, bentuk hukum Bank Jabar diubah dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT).
Perluasan Bentuk Usaha - Dual Banking System 2000
Dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat akan jasa layanan perbankan yang berlandaskan Syariah, maka sesuai dengan izin Bank Indonesia No. 2/ 18/DpG/DPIP tanggal 12 April 2000, sejak tanggal 15 April 2000 Bank Jabar menjadi Bank Pembangunan Daerah pertama di Indonesia yang menjalankan dual banking system, yaitu memberikan layanan perbankan dengan sistem konvensional dan dengan sistem syariah.
Perubahan Nama dan Call Name Perseroan - 2007
Berdasarkan Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat tanggal 3 Juli 2007 di Bogor, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 9/63/KEP.GBI/2007 tanggal 26 November 2007 tentang Perubahan Izin Usaha Atas Nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat menjadi Izin Usaha Atas Nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten serta SK Direksi Nomor 1065/SK/DIR-PPN/2007 tanggal 29 November 2007 maka nama perseroan berubah menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten dengan sebutan (call name) Bank Jabar Banten.
Perubahan Logo & Call Name Perseroan - 2010
Berdasarkan Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS- LB) PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Nomor 26 tanggal 21 April 2010, sesuai dengan Surat Bank Indonesia No.12/78/APBU/Bd tanggal 30 Juni 2010 perihal Rencana Perubahan Logo serta Surat Keputusan Direksi Nomor 1337/SK/DIR-PPN/2010 tanggal 5 Juli 2010, maka perseroan telah resmi berubah menjadi bank bjb.
1.2.2 Susunan Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI
KANTOR CABANG KELAS III

v  Pemimpin Cabang                          :  Joko Hartono Kalisman
v  Manager Komersial                        : Andri Risnandar
v  Manager Operasional                     : Kusnadi
v  Junior Manager Opersional            : Budi
v  Manager Konsumer                       : Evita Firdatunisa
v  Manager Control Internal Cabang : R.R. Retno Soeksmantari
                          

o   Divisi Komersial :
1.    Officer – Credit Reviewer                              : Evi Novike Dianti    
2.    Staf Analis Komersial                                     : Ricky rachmat Saleh
3.    Junior Staf - Account Officer Mikro                          : Agus Hermanto
  Febrian Sudibyo
  Ramadhan Ishadi Sunaryo
  Ratih Jatu Kobarsih
4.    Junior Staf – Relationship Officer Komersial : Awanda Nurvita
  Prima Kurnia
5.    Junior Staf – Administrasi Garansi Bank        : Ridwan Budiman


o   Divisi Operasional :
Ø  Staf Operasional
1.      Supervisor                                        :
2.      Junior Staf - Head Teller                  : Dhani Risyaf Mussada
3.      Junior Staf - Assisten Head Teller   : Rahmat Aziz
4.      Teller                                                : Dini Sri Nurhalimah
  Fika Indah
  Fani Oktaviani 
  Grecilia Sudirman
5.      Customer Service                             : Feti Febriyanti
                         Dea Agustina Suardini
Ø  Back Officer :
1.    Staf Operasional Dana & Jasa        : Septi Ayu Ambarwati
  Senny Roos Yuanita
2.    Junior Staf IT                                 : Farasulton
3.    Junior Staf SDM                            : Dewinta Febia
4.    Junior Staf Umum                          : Syaeful Ramdhani

Ø  Kantor Kas

1.      KK Sukra
2.      KK Bongas
3.      KK Kertasmaya
4.      KK Eretan
5.      KK Lelea
6.      KK TPI Karangsong
7.      KK RSUD Indramayu
8.      KK Juntinyuat
9.      KK Tukdana
10.  KK Anjatan
11.  KK Kandanghaur
12.  KK Kedokanbunder
13.  KK Sliyeg
14.  KK Lohbener
15.  KK Karangmalang
16.  KK Kroya


o   Kantor Pembantu Cabang :
1.    KCP. Khusus PEMKAB
2.    KCP. Jatibarang
3.    KCP. Karangampel
4.    KCP. Bangkir
5.    KCP. Haurgeulis
6.    KCP. Karangsinom
7.    KCP. Terisi
8.    Kcp. Patrol


o   Divisi Konsumer :
Ø  Analisis KPR
1. Junior Staf - Relationship Officer KPR      : Andi Suwandi
2. Junior Staf – Analis Kredit KPR                : Yan Sahad Hasan
3. Junior Staf – Analis KPR                           : Khaerul Anam

Ø  Account Officer Konsumer
1. Junior Staf - Account Officer Konsumer            : Dede Kurniawan
                                                                                Deska Ayulian
                                                                                 Riny Dwi Cahyani
2. Junior Staf - Administrasi Kredit            : Egi Dwi Prayogi
                                                                                       Desy Rahmawati Syah
o  Kontrol Internal Cabang (KIC)
·         Junior Staf KIC                                         : Fajar Sutar

1.2.3. Tugas dan Fungsi masing-masing Bagian Lokasi PKL
            1. Branch Manager
1.      Memeriksa dan menandatangani warkat permohonan transfer, setoran kliring, dan jasa lainnya sesuai kewenangan.
2.      Memberikan otoritas atas transaksi tunai dan non tunai kantor cabang sesuai batas kewenangan yang berlaku.
3.      Menentukan kebutuhan likuiditas untuk transaksi kantor cabang.
4.      Memastikan operasional bank berjalan baik dan sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.
5.      Memastikan fungsi pelayanan yang dilakukan baik dalam pembukuan, penutupan serta pemeliharaan rekening Giro, Deposito, Tabungan DN & LN sesuai dengan prinsip KYC.
6.      Menentukan target konsumen dan target kuantitas dalam pemasaran produk
7.      Menyusun, melakukan sosialisasi, memonitoring pencapaian, dan mengevaluasi RBB
8.      Menerima laporan Harian transaksi dari stafnya dan memeriksa kesesuaiannya
9.      Melakukan observasi langsung atas kinerja bawahan
10.  Memeriksa hasil penilaian agunan kredit dan berkas- berkas lain yang dibutuhkan dalam pengajuan kredit
2. Manager Of Commercial Banking
1.      Menyusun, mengawasi rencana strategis aktivitas pengelolaan produk secara berkala.
2.      Menentukan target konsumen dan target kuantitas dalam pemasaran dana dan kredit.
3.      Memberikan approval kepada transaksi harian sesuai kewenangan yang berlaku.
4.      Melakukan koordinasi dengan divisi dan lembaga / instansi terkait pengelolaan kredit program maupun produk lainnya.
5.      Menyerahkan konsep permohonan special rate kepada Branch manager.
6.      Aktif dalam kegiatan diluar jam kerja formal maupun Informal untuk menjalin hubungan baik denagn calon/nasabah potensial.
7.      Menerima, Memeriksa laporan aktivitas dan pencapaian Marketing Officer/ Staf/ Analyst
8.      Mengawasi proses pembuatan surat dukungan keuangan
9.      Mengawasi pengelolaan berkas pengajuan kredit dan dokumen lainnya.
10.  Mengawasi proses pengelolaan fasilitas SKBDN, Garansi Bank, dan Plafond LC.
3. Manager Of Consumer Banking
1.      Mengawasi, meningkatkan /memantau pengelolaan dana pihak ketiga
2.      Melakukan koordinasi dengan divisi dan lembaga/instansi yang terkait pengelolaan kredit konsumtif maupun produk lainnya
3.      Menerima hasil keputusan Board of Directors mengenai rancangan produk baru.
4.      Memeriksa hasil penilaian agunan kredit dan berkas-berkas lain yang dibutuhkan dalam pengajuan kredit.
5.      Mangajukan usulan sponsorship kepada Branch Manager agar secara aktif terlibat dalam kegiatan public untuk membangun citra positif bank.
6.      Menerima laporan harian/mingguan aktivitas dan pencapaian marketing officer/staf dan analyst.
7.      Menentukan, target komsumen dan target kuantitas dalam pemasaran
8.      Menentukan target kuantitas dalam pemasaran credit card.
9.      Berupaya mencapai target peningkatan dana kelola DPLK yang telah ditetapkan oleh kantor pusat.
10.  Membaca laporan aktivitas pemasaran credit card.
4. Manager Of Operational
1.      Memeriksa, menandatangani dan memberikan otoritas transaksi tunai di kantor cabang sesuai batas kewenangan.
2.      Memeriksa dan menandatangani warkat permohonan pemindah bukuan, transfer, setor kliring, dan jasa lainnya sesuai kewenangan.
3.      Memeriksa dan mendokumentasikan berkas kredit
4.      Memeriksa dan menandatangani surat keterangan/Dukungan keuangan
5.      Menentukan kebutuhan Likuiditas untuk transaksi kantor cabang.
6.      Memastiakan operasional bank berjalan baik dan sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.
7.      Menerima laporan harian transaksi dari supervisornya dan memeriksa kesesuaiannya.
8.      Memeriksa laporan neraca, laba rugi, rincian saldo rekening internal dan rekapitulasi saldo rekening harian.
9.      Memastikan laporan BI, Kantor pusat maupun eksternal sesuai dan disampaikan tepat waktu.
10.  Memastikan fungsi pelayanan yang dilakukan baik dalam mengelola pembukuan, penutupan serta pemeliharaan rekening giro, deposito, dan tabungan DN & LN sesuai dengan prinsip KYC.
5. Analyst
1.      Menerima pengajuan permohonan kredit dalam batas kewenangan kantor cabang.
2.      Mengecek kelengkapan barkas administrasi yang disyaratkan dalam pengajuan permohonan kredit.
3.      Meminta kelengkapan dokumen baik kepada Marketing Officer/Staf atau langsung ke nasabah jika belum lengkap.
4.      Melakukan kontak dengan marketing officer/staf untuk pembahasan dan mengumpulkan dana /informasi tambahan terkait penyusunan analisis permohonan kredit.
5.      Melakukan survei ke lokasi/kontak dengan pihak-pihak eksternal untuk mengumpulkan data/informasi tambahan terkait penyusunan analisa permohonan kredit.
6.      Melakukan cek atas agunan yang digunakan untuk mengajaukan kredit.
7.      Menyusun analisa permohonan kredit sesuai batas kewenangan yang berlaku.
8.      Mengirimkan surat pemberitahuan keputusan pemberian kredit ke marketing officer/staf.
9.      Menyusun laporan rutin pencapaian dan aktivitas penyaluran kredit untuk kepentingan internal & eksternal.
10.  Melakukan pemantauaan dan pembinaan kepada debitur caommercial banking.
         6. Marketing Officer
1.      Mengumpulkan informasi dan data untuk menyusun daftar potensial nasabah sebagai target pemasaran.
2.      Memasarkan produk Commercial Banking dengan memperhatikan penerapan manajemen resiko.
3.      Melakukan penjualan silang.
4.      Mewakili/bersama manager of commercial banking hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh pihak eksternal untuk membina hubungan baik
5.      Melakukan survey atas calon nasabah kredit sesuai peraturan yang berlaku.
6.      Meminta approval dari manager of commercialbanking untuk transaksi diluar kewenangan.
7.      Mengelola rekening nasabah /debitur inti/dominan
8.      Menyusun dan mengajukan permohonan barang cetak dan material lainyang dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran produk commercial Banking
9.      Memproses permohonan fasilitas Garansi bank, SKBDN serta Plafond L/C.
Menyimpan dan mengelola berkas-berkas debitur kredit dan pengelolaan dana. -

                                         ----- Sambung Laporan PKL part 2 ------




Tidak ada komentar:

Posting Komentar