Minggu, 09 November 2014

Laporan PKL di Bank BJB Cabang Indramayu (Part 4)

1.             Bjb KUR

  • bjb KUR adalah Kredit/Pembiayaan yang diberikan UMKMK di bidang usaha yang produktif untuk tujuan Modal Kerja dan/atau Investasi
  • KUR Mikro adalah KUR dengan plafond sampai dengan sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) baik secara langsung (direct) maupun tidak langsung (linkage), dengan suku bunga Kredit sebesar 22% (dua puluh dua persen) efektif per tahun
  • KUR Ritel adalah KUR dengan plafond di atas Rp.20.000.000,– (dua puluh juta rupiah) s/d Rp.500.000.000,– (lima ratus juta rupiah), baik secara langsung (direct) maupun tidak langsung (linkage), dengan suku bunga Kredit sebesar 14% (empat belas persen) efektif per tahun.

SASARAN

UMKMK baik berbentuk perorangan maupun Badan Usaha yang melakukan kegiatan usaha produktif dan layak tetapi belum bankable.

KRITERIA PEMOHON

  • Berusia paling rendah 21 tahun atau sudah menikah yang memiliki kegiatan usaha produktif minimal telah berjalan selama 1 tahun
  • Tidak sedang menerima kredit/pembiayaan modal kerja dan atau investasi dari perbankan dan atau tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah yang dibuktikan dengan hasil Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia pada saat permohonan kredit/pembiayaan diajukan, Kecuali sedang menikmati kredit konsumtif.
  • Dalam hal pemohon masih memiliki baki debet yang tercatat dalam Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia, tetapi yang bersangkutan sudah melunasi pinjaman, maka diperlukan Surat Keterangan Lunas/Roya dengan lampiran cetakan rekening dari Bank Pelaksana/pembiayaan sebelumnya.
  • Tidak masuk dalam Daftar Hitam Bank Indonesia dan tidak terindikasi mempunyai kredit bermasalah baik sebagai perorangan, badan usaha atau pengurus.
  • Tidak ada informasi negatif dan tidak sedang terlibat/menghadapi masalah hukum

KELENGKAPAN DOKUMEN

PERORANGAN
  • Copy KTP Pemohon dan Istri/Suami bagi yang sudah berkeluarga
  • Copy Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku
  • Copy Surat Nikah Pemohon
  • Pas photo Pemohon beserta Istri/Suami (ukuran 3x4, 1 lembar)
  • Copy rekening listrik, telepon, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk bulan terakhir
  • Untuk permohonan kredit s/d Rp 100.000.000,00
    • Copy surat Keterangan Usaha (SKU) dari Desa atau Kelurahan atau dinas yang terkait dengan usaha dan lokasi usaha debitur.
    • Copy ijin usaha formal bagi pemohon yang sudah memilikinya
  • Untuk permohonan kredit diatas Rp 100.000.000,00
    • Copy ijin usaha formal (SIUP) serta ijin usaha lainnya (apabila ada)
    • Copy NPWP
  • Bukti asli kepemilikan agunan dan copy dokumen pendukung kepemilikan agunan.
  • Copy KTP (Istri/Suami), Kartu Keluarga dan Surat Nikah Pemilik agunan.
  • Data laporan keuangan beserta dokumen pendukungnya (apabila ada).
  • Untuk Kredit Investasi :
    • Surat penawaran dalam rangka pembelian mesin / peralatan / kendaraan / barang investasi lainnya
    • Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam rangka pembangunan / renovasi / perluasan tempat usaha.

BADAN USAHA

  • Copy Akta Pendirian berikut perubahan-perubahannya. (khusus untuk Perseroan Terbatas ditambah copy Surat Pengesahan Badan Hukum dari Departemen terkait)
  • Copy Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (apabila terpisah dari Akta Pendirian)
  • Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) / identitas lainnya yang masih berlaku atas nama seluruh pengurus dan/atau pemilik..
  • Copy seluruh ijin atau legalitas usaha yang dimiliki dan masih berlaku
  • Copy hasil Rapat Anggota Tahunan (minimal 2 periode terakhir) serta penetapan Susunan Pengurus yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang. (Khusus bagi Koperasi)
  • Copy Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terakhir (khusus Perseroan Terbatas)
  • Copy pembayaran pajak usaha berikut SPT Tahunan dan rekening listrik, telepon dan air, untuk tempat usaha (minimal bulan terakhir).
  • Rencana Penggunaan Kredit dan Pembayaran Angsuran
  • Laporan Keuangan Tahunan minimal 2 (dua) tahun terakhir dan Laporan Keuangan periode terakhir.
  • Bukti asli kepemilikan agunan dan copy dokumen pendukung kepemilikan agunan.
  • Copy KTP (Istri/Suami), Kartu Keluarga dan Surat Nikah Pemilik agunan apabila jaminannya milik Pengurus/Pemilik.

KETENTUAN

1. Plafond
a. Secara Langsung
  • KUR Mikro : Maks. 20 jt
  • KUR Ritel  : Diatas 20 jt s/d Rp 500 jt

b. Melalui Lembaga Linkage
  • Kepada Lembaga Linkage : Maks. Rp 2 M
  • Lembaga Linkage kepada UMKMK : Maks. Rp 100 jt
2. Jangka Waktu Kredit
  • Kredit Modal Kerja : Maks. 3 (tiga) tahun
  • Kredit Investas : Maks. 5 (lima) tahun
  • Kredit Investasi untuk Tanaman Keras : Maks. 13 (tiga belas) tahun
3. Biaya- biaya
  • Bebas biaya administrasi
  • Biaya provisi sebesar 0,5 % dari plafond kredit
  • Biaya notaril sesuai tarif yang berlaku di Notaris untuk :
  • Pembuatan Perjanjian Kredit
  • Pengikatan Agunan
  • Biaya asuransi agunan sesuai tarif yang berlaku di pihak Asuransi
  • Biaya matera sesuai dengan ketentuan yang berlaku
4. Agunan Tambahan
  • Nilai
  • Secara Langsung
  • KUR Mikro : Mak. dibawah 100 %
  • KUR Ritel : Min. 40 % s/d dibawah 100 %
  • Melalui Lembaga Linkage
  • BPR
    • BPR milik Pemda : Tagihan atas piutang kepada UMKM dari kredit yang disalurkan minimal sebesar 100%
    • BPR non Pemda :
      • Tagihan atas piutang kepada UMKM dari kredit yang disalurkan minimal sebesar 100% ditambah
      • Agunan fisik minimal sebesar 10%
      • Non BPR :
      • Tagihan atas piutang kepada UMKM dari kredit yang disalurkan minimal seebsar 100% ditambah
      • Agunan fisik minimal sebesar 50%
Jenis
Plafond s/d Rp. 50.000.000,-
No
Jenis
Bukti Pemilikan
1
Tanah / Bangunan
Girik / Letter C / Akta Tanah


SHM / SHGB / SHGP
2
Lapak / Los / Kios / Toko
SPTB / HPK / SIPK


SHM / SHGB / SHGP
3
Kendaraan Roda 4
BPKB
4
Cash Collateral
Deposito / Tabungan / Ori

Plafond diatas Rp. 50.000.000,- s/d Rp. 100.000.000,-
No
Jenis
Bukti Pemilikan
1
Tanah / Bangunan
SHM / SHGB / SHGP
2
Lapak / Los / Kios / Toko
SHM / SHGB / SHGP
3
Kendaraan Roda 4
BPKB
4
Cash Collateral
Deposito / Tabungan / Ori

Plafond diatas Rp. 100.000.000,- s/d Rp. 500.000.000,-
No
Jenis
Bukti Pemilikan
1
Tanah / Bangunan
SHM / SHGB / SHGP
2
Lapak / Los / Kios / Toko
SHM / SHGB / SHGP
3
Cash Collateral
Deposito / Tabungan / Ori


1.        Bjb Garansi Bank

"Warkat yang diterbitkan bank yang mengakibatkan bank penerbit mempunyai kewajiban membayar kepada pihak yang menerima garansi apabila pihak yang dijamin oleh bank cidera janji (wanprestasi)"

Tujuan Diterbitkannya bjb Garansi Bank

  • Untuk kepentingan konraktor dalam rangka proyek di dalam negeri
  • Untuk kepentingan kontraktor dalam rangka proyek di luar negeri yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia
  • Untuk kepentingan pelaku transaksi perdagangan umum
  • Eksportir dan importir dalam rangka menunjang kelancaran kegiatan ekspor dan impor

Jenis bjb Garansi Bank

  • GARANSI BANK KEPPRES
·       Garansi Bank untuk pelelangan (Tender/Bid Bond)
·       Garansi Bank untuk pelaksanaan (Performance Bond)
·       Garansi Bank uang muka (Advanced Payment Bond)
·       Garansi Bank untuk pemeliharaan (Retention/Maintenance Bond)
  • GARANSI BANK NON KEPPRES
·       Garansi Bank untuk transaksi perdagangan umum
·       Garansi Bank pembayaran
·       Garansi Bank penangguhan bea masuk (Customs Guarantee)
·       Garansi Bank pengapalan (Shipping Guarantee/Missing)

2.             Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Memberikan Kenyamanan Hari Tua Anda
Pensiun bukan hanya milik pegawai atau ABRI, tetapi siapapun Anda dapat memiliki pensiun.
Keuntungan Sebagai Peserta DPLK bank bjb :
Berbagai keuntungan dapat Anda peroleh jika menjadi peserta DPLK bank bjb diantaranya:
  • Kesinambungan penghasilan bagi peserta dan keluarganya.
  • Iuran terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, minimal Rp 25.000,- per bulan dan dapat ditingkatkan setiap saat.
  • Iuran Peserta diinvestasikan dalam instrument investasi yang aman dan menguntungkan, serta hasil investasinya milik peserta.
  • Dapat dijadikan sebagai program pesangon khusus bagi pemberi kerja yang mengikutsertakan pekerjanya sebagai peserta DPLK bank bjb.
  • Dengan penghasilan yang terbatas berpeluang memperoleh pembayaran manfaat pensiun secara bulanan seumur hidup.
  • Dapat membayar iuran secara fleksibel, baik jumlah maupun frekuensinya.
 Kepesertaan DPLK bank bjb
  • DPLK bank bjb terbuka bagi individu dan kelompok.  Peserta individu meliputi pekerja formal maupun informal serta profesional.
  • DPLK bank bjb terbuka untuk mengelola program pensiun Perusahaan, Instansi/ Yayasan/ Lembaga
  • Usia Minimal 18 tahun atau telah menikah.
  • Peserta dapat melakukan penyetoran iuran pertama sebesar Rp 25.000,-
  • Mengisi formulir pendaftaran (tersedia di seluruh kantor Cabang bank bjb)
  • Melampirkan fotokopi KTP dan KK, serta pas foto 2x3 sebanyak 2 lembar.
 Hak Bagi Peserta
  • Menetapkan sendiri Usia Pensiunnya (minimal usia 45 s/d maksimal 65 tahun)
  • Memperoleh informasi perkembangan dananya melalui  Buku Dana dan atau Rekening Koran Peserta DPLK bank bjb.
  • Memperoleh pembayaran manfaat pensiun secara sekaligus dan atau secara bulanan pada saat memasuki usia pensiun yang dipilih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Memperoleh Kartu Kepesertaan DPLK bank bjb
  • Memperoleh buku peraturan dana pensiun (PDP) DPLK bank bjb.
 Biaya yang dikenakan kepada peserta
Biaya Administrasi sebesar Rp 250,- per bulan dan biaya pengelolaan dana sebesar 1% per tahun yang diperhitungkan dari total dana, yang  pembebanannya dilakukan pada setiap akhir tahun.

3.      Bjb Precious

Layanan bjb precious merupakan layanan terbaik yang diberikan kepada pribadi-pribadi istimewa yang membutuhkan pelayanan maksimal baik dari segi keramahan, kemudahan, kenyamanan, keamanan dan terpercaya untuk nasabah prima perorangan (High Net Worth Individuals) dengan total minimal dana sebesar Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).
Persyaratan menjadi member :                                          
  • Khusus bagi nasabah individual
  • mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan Keanggotaan  bjb precious.
  • Memiliki salah satu produk bank bjb & Wealth Management.
  • Memiliki portofolio dana minimal Rp500.000.000
  • membuka rekening simpanan ber-ATM (Tandamata/ Tandamata Gold/ Simpeda/ Giro) untuk dapat diterbitkan kartu member bjb precious.
  • Usia Member atau calon member sekurang-kurangnya 17 (tujuh belas) tahun.
Fungsi Katu atm bjb precious :
  • Tanda keanggotaan.
  • Kartu ATM/ Kartu Debit.
  • Akses untuk mendapatkan fasilitas/ Benefit.
Fasilitas layanan yang ditawarkan bjb Precious terdiri dari:


  • Financial Statement
  • Travel Arrangement
  • Airport Handling
  • Ruangan Layanan Prima (Lounge Precious) di kantor cabang
  • Outlet Precious
  • Special Gift
  • Special Event
  • Customer Gathering
  • Airport Lounge gratis untuk 2 orang
  • Majalah bjb Precious
  • Welcoming Gift
  • Merchandise

 1.3. Potensi Perusahaan
1.3.1. Potensi Sumber Daya Manusia
Manusia merupakan sumberdaya yang paling penting untuk mencapai keberhasilan visi dan misi perusahaan. Betapapun sempurnanya aspek teknologi dan pemasaran, tanpa aspek manusia sulit kiranya tujuan-tujuan perusahaan dapat tercapai.
Secara struktur organisasi bank bjb, Divisi SDM berada di bawah koordinasi langsung Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko.
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu aktivitas pada bank bjb untuk melakukan proses rekruitmen, pendayagunaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Demi mendukungvisi & misidi bank bjb dalam melaksanakan langkah-langkah strategis yang tepat untuk bersaing di pasar global, makafungsi SDM dituntut untuk dapat memposisikan perannya di dalam perusahaan.
Sumber Daya Manusia bank bjb harus menempatkan fungsinya mendukung unit bisnis & supportdengan peran sebagai berikut :
  • Mitra Bisnis Strategis : mempunyai kemampuan dalam menterjemahkan strategi bisnis yang ditetapkan perusahaan menjadi tindakan-tindakan dalam pengelolaan SDM yang fokus untuk menunjang pencapaian kinerja setiap unit kerja.
  • Tertib Administrasi : memiliki data-data kepegawaian yang akurat & berguna bagi proses pengelolaan SDM.
  • Agen Perubahan : mampu menjadi katalisator proses perubahan yang dicanangkan oleh perusahaan secara efektif.,
  • Budaya Perusahaan : Sesuai dengan corporate values  bank bjb “GO SPIRIT”, pegawai harus bisa mengimplementasikan budaya perusahaan dalam segala aktivitas pekerjaan.
Budaya perusahaan bank bjb memiliki 14 butir perilaku, sebagai berikut:
  • Ramah, Tulus, Kekeluargaan
  • Selalu memberikan pelayanan prima
  • Cepat, tepat, dan akurat
  • Kompeten & bertanggung jawab
  • Memahami & melaksanakan ketentuan perusahaan
  • Konsisten, disiplin, dan penuh semangat
  • Menjaga citra bank melalui perilaku terpuji & menjunjung tinggi etika
  • Fokus pada nasabah
  • Peduli pada lingkungan
  • Memberikan solusi yang terbaik
  • Berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri
  • Menyukai perubahan yang positif
  • Menumbuhkan transparansi, kebersamaan, dan kerjasama yang sehat
  • Menjaga rahasia bank & perusahaan  
B. Grup Perencanaan & Pengembangan SDM
Divisi SDM terbagi menjadi 2 grup utama sebagai berikut :
Grup Perencanaan & Pengembangan SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
  • Perencanaan : Merencanakan kebutuhan SDM dengan baik sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan, mengembangkan & mendorong karir pegawai berdasarkan kompetensi & kinerjanya melalui berbagai kegiatan pembinaan & kesempatan pengisian jabatan.
  • Rekruitmen :Melakukan proses seleksi, rekrutmen & penempatan secara efektif untuk mengisi kebutuhan perusahaan.
  • Pengembangan : Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk program pengembangan karyawan secara periodik.
C. Grup Administrasi SDM

Dalam proses manajemen SDM, Grup Administrasi SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
  • Administrasi & Hubungan Kepegawaian : Melakukan proses Administrasi kepegawaian secara tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Sistem Informasi SDM : Mengelola Databasekepegawaian dan proses administrasi melalui HRIS yang mampu mendukung kebutuhan operasional & penetapan kebijakan bidang SDM.
  • Kompensasi & Pensiun : Pembayaran hak-hak untuk pegawai baik selama aktif maupun setelah masa bakti berakhir sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku.
  • Outsourcing / PKWT : Untuk lebih mendukung kinerja perusahaan dan pelaksanaan fungsi-fungsi dan rantai pekerjaan, maka dibutuhkan support yang dilaksanakan melalui tenagaoutsourcing / PKWT.
·         SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang mampu mengelola dirinya sendiri untuk mencapai kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi.
·         Dari segi kualitas SDM tingkat pendidikan pegawai merupakan penilaian yang mendasar untruk mengetahui tingkat kemampuan dan pengetahuan seseoarang. Karena bank merupakan sebuah bentuk usaha di mana kepuasan nasabah adalah hal yang utama karena itu untuk pendidikan yang cukup pegawai diharapkan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap nasabah.
Tabel 1.1
Tingkat pendidikan pegawai BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk. Cabang Indramayu
NO
Tingkat Pendidikan
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
 


S.3
S.2
S.1
D3
SMA/Sederajat

Jumlah
1
5
81
23
31

141

Dari table diatas dapat diketahui lulusan terbanyak adalah S1

Tabel 1.2
Jumlah pegawai BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk. Cabang Indramayu
No
Status Pegawai
Jumlah
1.
2.
Pegawai Tetap
Pegawai Kontrak
83
58

Jumlah
141
Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa pegawai tetap BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk Cabang Indramayu adalah 83 dan jumlah pegawai kontrak 58.

1.3.2. Potensi Keuangan
Bank bjb Cabang Indramayu potensi di pasar Indramayu ini sangatlah besar sekali meliputi 31 kecamatan yang ada di Wilayah Indramayu. Wilayah itulah sebagai pasar Bank bjb, yang tidak mudah dianggap ‘gampang’ karena inilah yang harus diraih sebaik mungkin. Inilah kesempatan Bank bjb meraih sukses dan membumikannya untuk cabang Indramayu. jangka pendek yang akan dicapai adalah meningkatkan laba melalui ekspansi kredit berkualitas dengan mengacu kepada berpedoman pada prinsip kehati-hatian dan bank teknis baik produktif maupun konsumtif serta akan menumbuhkan dengan peningkatan dana pihak ketiga baik itu giro, tabungan dan deposito itu sendiri di bank bjb Indramayu ini.       
Meningkatkan laba itu telah terlihat dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan yaitu pada semester pertama sudah mencapai 110 persen artinya untuk mencapai bulan Desember jika teman-teman timnya solid akan mencapai target 100 persen. Angka kredit sudah mencapai hingga Juni 2014 mencapai sebesar Rp 1,6 triliun dan apabila dipersentasekan per-semester satu telah mencapai sebesar 96,92%. Dari sebelumnya di Desember 2013 mencapai sebesar Rp 1,4 triliun. Jadi tumbuh sebesar Rp 200 miliar dalam waktu enam bulan.
Untuk giro per Juni 2014 mencapai 110,21% dan sudah mencapai deposito sebesar 114,39%. Sedangkan untuk tabungannya baru mencapai sebesar 75 persen. Tabungan inilah yang harus ditingkatkannya. Dan melakukan terobosan strategi inovasi yang lebih fokus pada peningkatan tabungan. Serta mengembangkan strategi pemasaran yang telah ia kuasainya, yakni meningkatkan event-event sosialisasi tabungan. Segmentasi tabungan ini akan ditujukan kepada usia anak-anak hingga usia produktif, dari usia lima tahun hingga 50 tahun. Ini sudah diakomodir dengan produk-produk yang telah ada.
Berikut adalah tabel pemegang saham Bank BJB
 
1.3.3. Potensi Produksi
            Usaha-usaha BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk Cabang Indramayu adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk  simpanan  berupa Tabungan, Deposito, kredit. Berupaya semaksimal mungkin dalam meberikan pelayanan kepada nasabah penabung, nasabah kredit maupun deposito.
1.3.4. Potensi Pemasaran
Memberikan pelayanan yang terbaik, pelayanan prima di dalam produk-produk yang dibutuhkan masyarakat Indramayu. “Layanan prima yang dimaksud di sini adalah layanan yang tidak hanya memberikan suatu produk, dimana masyarakat tersebut sudah terdaftar sebagai nasabah Bank bjb berhak mendapatkan fasilitas layanan ini akan berikan ‘win win solution’, memberikan nilai tambah untuk customer Bank bjb Cabang Indramayu.
Bank bjb Cabang Indramayu yang telah dikenal oleh lapisan masyarakat akan bumikan kembali. Artinya akan memperkenalkan produk-produk ‘is the best’ Bank bjb Cabang Indramayu kepada masyarakat Indramayu, khususnya. Masyarakat tak perlu resah untuk menabung di Bank bjb ini, cukup menyetorkan dananya minimal sebesar Rp 50.000, masyarakat Indramayu sudah menjadi nasabah Bank bjb Indramayu tersebut dan terlebih nasabah yang menabung sebesar Rp 500 juta secara otomatis langsung sudah mendapatkan seluruh fasilitas yang ada. berusaha maksimal mungkin agar Bank bjb ini lebih mendarah daging ke dalam lubuk sanubari masyarakat Indramayu, Jawa Barat. Inilah jangka menengah dan jangka panjang yang akan dicapai.

BAB II
RENCANA KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Rencana kegiatan PKL pada BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk. Cabang Indramayu dimulai pada tanggal 23 Juli 2012 sampai 22 Agustus 2014. Praktek Kerja Lapangan dimulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.
            Kegiatan Praktek Kerja Lapangan pada BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk Cabang Indramayu dimulai dari :
1.      Administrasi Dukungan Keuangan.
2.      Administrasi Memo, Surat Keluar dan Surat Masuk.
3.      Menjadi Assisten Teller dan Customer Sevice
4.      Administrasi Kredit KGB.
5.      Administrasi KPR
6.      Administrasi Kasbon
7.      Administrasi Taspen.
8.      Administrasi Garansi Bank.
9.      Administrasi Pembukaan Tabungan.
10.  Administrasi Pengambilan berkas agunan kredit  

                                                                              BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

1.1.Panitia dan Pembimbing Lapangan
Berdasarkan hasil rapat pimpinan, staf dan dosen Fakultas Ekonomi tentang pembentukan Panitia Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unwir telah ditetapkan waktu panitia dan dosen pembimbing lapangan atas dasar musyawarah, mufakat, kesediaaan kinerja dan loyalitas terhadap fakultas dan universitas dengan diterbitkannya SK. Dekan FE. UNWIR.

1.2. Peserta Praktek Kerja Lapangan
Peserta yang dapat mengikuti Praktek Kerja Lapangan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a.       Tercatat sebagai Mahasiswa Semester 4 (empat) yang masih aktif (tidak sedang cuti kuliah).
b.      Telah menempuh ujian mata kuliah pada semester 4 (empat).
c.       Lunas membayar uang SPP  dan DPP sampai semester yang sedang               dijalankan.
d.      Membayar biaya pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ke panitia pelaksana Praktek Kerja lapangan Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unwir Indramayu.

1.3. Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
Berdasarkan hasil rapat Panitia Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unwir telah ditetapkan waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) kurang lebih dua bulan selama liburan semester.
Adapun lokasi pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kesempatan ini, panitia memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih sendiri lokasi PKL sesuai dengan motivasi dan harapan kedepan mahasiswa adanya persetujuan panitia. Adapun tempat PKL yakni Bank BJB Cabang Indramayu alamat Jl. Jend. Sudirman No. 106 Indramayu Telp. (0234) 272215, 271801, 272791 waktu pelaksanaan selama kurang lebih dua bulan mulai dari tanggal 23 Juli 2014 sampai 22 Agustus 2014.

1.4.             Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Setiap mahasiswa Fakultas Ekonomi diwajibkan melaksanakan praktek kerja lapangan dengan topic dan permasalahan masing-masing sesuai situasi dan kondisi pada tempat PKL, dan masing-masing mahasiswa wajib membuat laporan hasil PKL sesuai dengan apa yang sudah dilaksanakan.
Berdasarkan kajian ilmiah program studi manajemen maka kegiatan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unwir dititik beratkan kepada 4 (empat) aspek kajian manajemen yaitu :
a.       Manajemen Pemasaran.
b.      Manajemen Keuangan.
c.       Manajemen Sumber Daya Manusia.
d.      Manajemen Produksi.
                                                 ------ Sambung Laporan PKL Part 5 ------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar