1.
Bjb KUR
- bjb KUR
adalah Kredit/Pembiayaan yang diberikan UMKMK di bidang usaha yang
produktif untuk tujuan Modal Kerja dan/atau Investasi
- KUR Mikro adalah KUR dengan plafond
sampai dengan sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) baik secara
langsung (direct) maupun tidak langsung (linkage),
dengan suku bunga Kredit sebesar 22% (dua puluh dua persen) efektif per
tahun
- KUR Ritel adalah KUR dengan plafond
di atas Rp.20.000.000,– (dua puluh juta rupiah) s/d Rp.500.000.000,– (lima
ratus juta rupiah), baik secara langsung (direct) maupun tidak
langsung (linkage), dengan suku bunga Kredit sebesar 14% (empat
belas persen) efektif per tahun.
SASARAN
UMKMK
baik berbentuk perorangan maupun Badan Usaha yang melakukan kegiatan usaha
produktif dan layak tetapi belum bankable.
KRITERIA PEMOHON
- Berusia paling rendah 21 tahun atau
sudah menikah yang memiliki kegiatan usaha produktif minimal telah
berjalan selama 1 tahun
- Tidak sedang menerima
kredit/pembiayaan modal kerja dan atau investasi dari perbankan dan atau
tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah yang dibuktikan
dengan hasil Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia pada saat permohonan
kredit/pembiayaan diajukan, Kecuali sedang menikmati kredit konsumtif.
- Dalam hal pemohon masih memiliki
baki debet yang tercatat dalam Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia,
tetapi yang bersangkutan sudah melunasi pinjaman, maka diperlukan Surat
Keterangan Lunas/Roya dengan lampiran cetakan rekening dari Bank
Pelaksana/pembiayaan sebelumnya.
- Tidak masuk dalam Daftar Hitam Bank
Indonesia dan tidak terindikasi mempunyai kredit bermasalah baik sebagai
perorangan, badan usaha atau pengurus.
- Tidak ada informasi negatif dan tidak
sedang terlibat/menghadapi masalah hukum
KELENGKAPAN DOKUMEN
PERORANGAN
- Copy KTP Pemohon dan Istri/Suami
bagi yang sudah berkeluarga
- Copy Kartu Keluarga (KK) yang masih
berlaku
- Copy Surat Nikah Pemohon
- Pas photo Pemohon beserta
Istri/Suami (ukuran 3x4, 1 lembar)
- Copy rekening listrik, telepon,
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk bulan terakhir
- Untuk permohonan kredit s/d Rp
100.000.000,00
- Copy surat Keterangan Usaha (SKU)
dari Desa atau Kelurahan atau dinas yang terkait dengan usaha dan lokasi
usaha debitur.
- Copy ijin usaha formal bagi
pemohon yang sudah memilikinya
- Untuk permohonan kredit diatas Rp
100.000.000,00
- Copy ijin usaha formal (SIUP)
serta ijin usaha lainnya (apabila ada)
- Copy NPWP
- Bukti asli kepemilikan agunan dan
copy dokumen pendukung kepemilikan agunan.
- Copy KTP (Istri/Suami), Kartu
Keluarga dan Surat Nikah Pemilik agunan.
- Data laporan keuangan beserta
dokumen pendukungnya (apabila ada).
- Untuk Kredit Investasi :
- Surat penawaran dalam rangka
pembelian mesin / peralatan / kendaraan / barang investasi lainnya
- Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam
rangka pembangunan / renovasi / perluasan tempat usaha.
BADAN USAHA
- Copy Akta
Pendirian berikut perubahan-perubahannya. (khusus untuk Perseroan Terbatas
ditambah copy Surat Pengesahan Badan
Hukum dari Departemen terkait)
- Copy Anggaran Dasar / Anggaran
Rumah Tangga (apabila terpisah dari Akta Pendirian)
- Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) /
identitas lainnya yang masih berlaku atas nama seluruh pengurus dan/atau
pemilik..
- Copy seluruh ijin atau
legalitas usaha yang dimiliki dan masih berlaku
- Copy hasil Rapat Anggota
Tahunan (minimal 2 periode terakhir) serta penetapan Susunan Pengurus yang
telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang. (Khusus bagi Koperasi)
- Copy Hasil
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terakhir (khusus Perseroan Terbatas)
- Copy pembayaran pajak usaha berikut
SPT Tahunan dan rekening listrik, telepon dan air, untuk tempat usaha
(minimal bulan terakhir).
- Rencana Penggunaan Kredit dan
Pembayaran Angsuran
- Laporan Keuangan Tahunan minimal 2
(dua) tahun terakhir dan Laporan Keuangan periode terakhir.
- Bukti asli kepemilikan agunan dan
copy dokumen pendukung kepemilikan agunan.
- Copy KTP (Istri/Suami), Kartu Keluarga
dan Surat Nikah Pemilik agunan apabila jaminannya milik Pengurus/Pemilik.
KETENTUAN
1.
Plafond
a. Secara Langsung
- KUR Mikro : Maks. 20 jt
- KUR Ritel : Diatas 20 jt
s/d Rp 500 jt
b. Melalui Lembaga Linkage
- Kepada Lembaga Linkage : Maks. Rp 2
M
- Lembaga Linkage kepada UMKMK :
Maks. Rp 100 jt
2.
Jangka Waktu Kredit
- Kredit Modal Kerja : Maks. 3 (tiga)
tahun
- Kredit Investas : Maks. 5 (lima)
tahun
- Kredit Investasi untuk Tanaman
Keras : Maks. 13 (tiga belas) tahun
3.
Biaya- biaya
- Bebas biaya administrasi
- Biaya provisi sebesar 0,5 % dari
plafond kredit
- Biaya notaril sesuai tarif yang
berlaku di Notaris untuk :
- Pembuatan Perjanjian Kredit
- Pengikatan Agunan
- Biaya asuransi agunan sesuai tarif
yang berlaku di pihak Asuransi
- Biaya matera sesuai dengan
ketentuan yang berlaku
4.
Agunan Tambahan
- Nilai
- Secara Langsung
- KUR Mikro : Mak. dibawah 100 %
- KUR Ritel : Min. 40 % s/d dibawah
100 %
- Melalui Lembaga Linkage
- BPR
- BPR milik Pemda : Tagihan atas
piutang kepada UMKM dari kredit yang disalurkan minimal sebesar 100%
- BPR non Pemda :
- Tagihan atas piutang kepada UMKM
dari kredit yang disalurkan minimal sebesar 100% ditambah
- Agunan fisik minimal sebesar 10%
- Non BPR :
- Tagihan atas piutang kepada UMKM
dari kredit yang disalurkan minimal seebsar 100% ditambah
- Agunan fisik minimal sebesar 50%
Jenis
Plafond s/d Rp.
50.000.000,-
|
||
No
|
Jenis
|
Bukti Pemilikan
|
1
|
Tanah / Bangunan
|
Girik / Letter C / Akta Tanah
|
SHM / SHGB / SHGP
|
||
2
|
Lapak / Los / Kios / Toko
|
SPTB / HPK / SIPK
|
SHM / SHGB / SHGP
|
||
3
|
Kendaraan Roda 4
|
BPKB
|
4
|
Cash Collateral
|
Deposito / Tabungan / Ori
|
Plafond diatas
Rp. 50.000.000,- s/d Rp. 100.000.000,-
|
||
No
|
Jenis
|
Bukti Pemilikan
|
1
|
Tanah / Bangunan
|
SHM / SHGB / SHGP
|
2
|
Lapak / Los / Kios / Toko
|
SHM / SHGB / SHGP
|
3
|
Kendaraan Roda 4
|
BPKB
|
4
|
Cash Collateral
|
Deposito / Tabungan / Ori
|
Plafond diatas
Rp. 100.000.000,- s/d Rp. 500.000.000,-
|
||
No
|
Jenis
|
Bukti Pemilikan
|
1
|
Tanah / Bangunan
|
SHM / SHGB / SHGP
|
2
|
Lapak / Los / Kios / Toko
|
SHM / SHGB / SHGP
|
3
|
Cash Collateral
|
Deposito / Tabungan / Ori
|
1.
Bjb Garansi Bank
"Warkat
yang diterbitkan bank yang mengakibatkan bank penerbit mempunyai kewajiban membayar
kepada pihak yang menerima garansi apabila pihak yang dijamin oleh bank cidera
janji (wanprestasi)"
Tujuan Diterbitkannya bjb Garansi Bank
- Untuk kepentingan konraktor dalam
rangka proyek di dalam negeri
- Untuk kepentingan kontraktor dalam
rangka proyek di luar negeri yang diselenggarakan oleh Pemerintah
Indonesia
- Untuk kepentingan pelaku transaksi
perdagangan umum
- Eksportir dan importir dalam rangka
menunjang kelancaran kegiatan ekspor dan impor
Jenis bjb Garansi Bank
- GARANSI BANK KEPPRES
·
Garansi
Bank untuk pelelangan (Tender/Bid Bond)
·
Garansi
Bank untuk pelaksanaan (Performance Bond)
·
Garansi
Bank uang muka (Advanced Payment Bond)
·
Garansi
Bank untuk pemeliharaan (Retention/Maintenance Bond)
- GARANSI BANK NON KEPPRES
·
Garansi
Bank untuk transaksi perdagangan umum
·
Garansi
Bank pembayaran
·
Garansi
Bank penangguhan bea masuk (Customs Guarantee)
·
Garansi
Bank pengapalan (Shipping Guarantee/Missing)
2.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
Memberikan Kenyamanan Hari Tua Anda
Pensiun
bukan hanya milik pegawai atau ABRI, tetapi siapapun Anda dapat memiliki
pensiun.
Keuntungan Sebagai Peserta DPLK bank bjb
:
Berbagai
keuntungan dapat Anda peroleh jika menjadi peserta DPLK bank bjb diantaranya:
- Kesinambungan penghasilan bagi
peserta dan keluarganya.
- Iuran terjangkau oleh seluruh
lapisan masyarakat, minimal Rp 25.000,- per bulan dan dapat ditingkatkan
setiap saat.
- Iuran Peserta diinvestasikan dalam
instrument investasi yang aman dan menguntungkan, serta hasil investasinya
milik peserta.
- Dapat dijadikan sebagai program
pesangon khusus bagi pemberi kerja yang mengikutsertakan pekerjanya
sebagai peserta DPLK bank bjb.
- Dengan penghasilan yang terbatas
berpeluang memperoleh pembayaran manfaat pensiun secara bulanan seumur
hidup.
- Dapat membayar iuran secara
fleksibel, baik jumlah maupun frekuensinya.
Kepesertaan
DPLK bank bjb
- DPLK bank bjb terbuka bagi individu dan
kelompok. Peserta individu meliputi pekerja formal maupun informal
serta profesional.
- DPLK bank bjb terbuka untuk mengelola program
pensiun Perusahaan, Instansi/ Yayasan/ Lembaga
- Usia Minimal 18 tahun atau telah
menikah.
- Peserta dapat melakukan penyetoran
iuran pertama sebesar Rp 25.000,-
- Mengisi formulir pendaftaran
(tersedia di seluruh kantor Cabang bank bjb)
- Melampirkan fotokopi KTP dan KK,
serta pas foto 2x3 sebanyak 2 lembar.
Hak
Bagi Peserta
- Menetapkan sendiri Usia Pensiunnya
(minimal usia 45 s/d maksimal 65 tahun)
- Memperoleh informasi perkembangan
dananya melalui Buku Dana dan atau Rekening Koran Peserta DPLK bank bjb.
- Memperoleh pembayaran manfaat
pensiun secara sekaligus dan atau secara bulanan pada saat memasuki usia
pensiun yang dipilih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Memperoleh Kartu Kepesertaan DPLK
bank bjb
- Memperoleh buku peraturan dana
pensiun (PDP) DPLK bank bjb.
Biaya
yang dikenakan kepada peserta
Biaya
Administrasi sebesar Rp 250,- per bulan dan biaya pengelolaan dana sebesar 1%
per tahun yang diperhitungkan dari total dana, yang pembebanannya
dilakukan pada setiap akhir tahun.
3.
Bjb Precious
Layanan bjb precious merupakan layanan terbaik yang diberikan
kepada pribadi-pribadi istimewa yang membutuhkan pelayanan maksimal baik dari
segi keramahan, kemudahan, kenyamanan, keamanan dan terpercaya untuk nasabah
prima perorangan (High Net
Worth Individuals) dengan
total minimal dana sebesar Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).
Persyaratan menjadi member
:
- Khusus bagi nasabah individual
- mengisi dan menandatangani Formulir
Permohonan Keanggotaan bjb precious.
- Memiliki salah satu produk bank bjb & Wealth Management.
- Memiliki portofolio dana minimal
Rp500.000.000
- membuka rekening simpanan ber-ATM
(Tandamata/ Tandamata Gold/ Simpeda/ Giro) untuk dapat diterbitkan kartu
member bjb precious.
- Usia Member atau calon member
sekurang-kurangnya 17 (tujuh belas) tahun.
Fungsi Katu atm bjb precious :
- Tanda keanggotaan.
- Kartu ATM/ Kartu Debit.
- Akses untuk mendapatkan fasilitas/ Benefit.
Fasilitas layanan yang ditawarkan bjb Precious terdiri dari:
- Financial Statement
- Travel Arrangement
- Airport Handling
- Ruangan Layanan Prima (Lounge Precious)
di kantor cabang
- Outlet Precious
- Special Gift
- Special Event
- Customer Gathering
- Airport Lounge gratis untuk 2 orang
- Majalah bjb Precious
- Welcoming Gift
- Merchandise
1.3. Potensi
Perusahaan
1.3.1. Potensi Sumber
Daya Manusia
Manusia merupakan sumberdaya
yang paling penting untuk mencapai keberhasilan visi dan misi perusahaan.
Betapapun sempurnanya aspek teknologi dan pemasaran, tanpa aspek manusia sulit
kiranya tujuan-tujuan perusahaan dapat tercapai.
Secara
struktur organisasi bank bjb,
Divisi SDM berada di bawah koordinasi langsung Direktur Kepatuhan &
Manajemen Risiko.
Manajemen
Sumber Daya Manusia merupakan suatu aktivitas pada bank bjb untuk melakukan proses
rekruitmen, pendayagunaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia
secara efektif dan efisien. Demi mendukungvisi & misidi bank bjb dalam melaksanakan
langkah-langkah strategis yang tepat untuk bersaing di pasar global, makafungsi
SDM dituntut untuk dapat memposisikan perannya di dalam perusahaan.
Sumber
Daya Manusia bank bjb harus menempatkan fungsinya
mendukung unit bisnis & supportdengan
peran sebagai berikut :
- Mitra Bisnis Strategis : mempunyai
kemampuan dalam menterjemahkan strategi bisnis yang ditetapkan perusahaan
menjadi tindakan-tindakan dalam pengelolaan SDM yang fokus untuk menunjang
pencapaian kinerja setiap unit kerja.
- Tertib Administrasi : memiliki
data-data kepegawaian yang akurat & berguna bagi proses pengelolaan
SDM.
- Agen Perubahan : mampu
menjadi katalisator proses perubahan yang dicanangkan oleh perusahaan
secara efektif.,
- Budaya Perusahaan : Sesuai
dengan corporate values bank bjb “GO SPIRIT”, pegawai harus bisa
mengimplementasikan budaya perusahaan dalam segala aktivitas pekerjaan.
Budaya perusahaan bank bjb memiliki 14 butir perilaku,
sebagai berikut:
- Ramah, Tulus, Kekeluargaan
- Selalu memberikan pelayanan prima
- Cepat, tepat, dan akurat
- Kompeten & bertanggung jawab
- Memahami & melaksanakan
ketentuan perusahaan
- Konsisten, disiplin, dan penuh
semangat
- Menjaga citra bank melalui perilaku
terpuji & menjunjung tinggi etika
- Fokus pada nasabah
- Peduli pada lingkungan
- Memberikan solusi yang terbaik
- Berkeinginan kuat untuk
mengembangkan diri
- Menyukai perubahan yang positif
- Menumbuhkan transparansi,
kebersamaan, dan kerjasama yang sehat
- Menjaga rahasia bank & perusahaan
B. Grup Perencanaan & Pengembangan SDM
Divisi
SDM terbagi menjadi 2 grup utama sebagai berikut :
Grup
Perencanaan & Pengembangan SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
- Perencanaan : Merencanakan
kebutuhan SDM dengan baik sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan,
mengembangkan & mendorong karir pegawai berdasarkan kompetensi &
kinerjanya melalui berbagai kegiatan pembinaan & kesempatan pengisian
jabatan.
- Rekruitmen :Melakukan proses
seleksi, rekrutmen & penempatan secara efektif untuk mengisi kebutuhan
perusahaan.
- Pengembangan : Mengumpulkan data
yang dibutuhkan untuk program pengembangan karyawan secara periodik.
C. Grup Administrasi SDM
Dalam proses manajemen SDM, Grup Administrasi
SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
- Administrasi & Hubungan
Kepegawaian : Melakukan proses Administrasi kepegawaian secara tertib
administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Sistem Informasi SDM : Mengelola Databasekepegawaian dan
proses administrasi melalui HRIS yang mampu mendukung kebutuhan
operasional & penetapan kebijakan bidang SDM.
- Kompensasi & Pensiun :
Pembayaran hak-hak untuk pegawai baik selama aktif maupun setelah masa
bakti berakhir sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku.
- Outsourcing /
PKWT : Untuk lebih mendukung kinerja perusahaan dan pelaksanaan
fungsi-fungsi dan rantai pekerjaan, maka dibutuhkan support yang dilaksanakan melalui
tenagaoutsourcing /
PKWT.
·
SDM potensi yang terkandung dalam diri
manusia untuk
mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang mampu
mengelola dirinya sendiri untuk mencapai kesejahteraan kehidupan dalam tatanan
yang seimbang dan berkelanjutan. SDM bukan sebagai sumber daya belaka,
melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi.
·
Dari segi kualitas SDM
tingkat pendidikan pegawai merupakan penilaian yang mendasar untruk mengetahui
tingkat kemampuan dan pengetahuan seseoarang. Karena bank merupakan sebuah
bentuk usaha di mana kepuasan nasabah adalah hal yang utama karena itu untuk
pendidikan yang cukup pegawai diharapkan dapat memberikan pelayanan yang
memuaskan terhadap nasabah.
Tabel 1.1
Tingkat pendidikan
pegawai BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk. Cabang Indramayu
NO
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
S.3
S.2
S.1
D3
SMA/Sederajat
Jumlah
|
1
5
81
23
31
141
|
Dari
table diatas dapat diketahui lulusan terbanyak adalah S1
Tabel 1.2
Jumlah pegawai BANK
PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk. Cabang Indramayu
No
|
Status
Pegawai
|
Jumlah
|
1.
2.
|
Pegawai Tetap
Pegawai Kontrak
|
83
58
|
Jumlah
|
141
|
Dari tabel diatas dapat
diketahui bahwa pegawai tetap BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk
Cabang Indramayu adalah 83 dan jumlah pegawai kontrak 58.
1.3.2. Potensi Keuangan
Bank
bjb Cabang Indramayu potensi di pasar Indramayu ini sangatlah besar sekali
meliputi 31 kecamatan yang ada di Wilayah Indramayu. Wilayah itulah sebagai
pasar Bank bjb, yang tidak mudah dianggap ‘gampang’ karena inilah yang harus
diraih sebaik mungkin. Inilah kesempatan Bank bjb meraih sukses dan
membumikannya untuk cabang Indramayu. jangka pendek yang akan dicapai adalah
meningkatkan laba melalui ekspansi kredit berkualitas dengan mengacu kepada
berpedoman pada prinsip kehati-hatian dan bank teknis baik produktif maupun
konsumtif serta akan menumbuhkan dengan peningkatan dana pihak ketiga baik itu
giro, tabungan dan deposito itu sendiri di bank bjb Indramayu ini.
Meningkatkan
laba itu telah terlihat dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan yaitu
pada semester pertama sudah mencapai 110 persen artinya untuk mencapai bulan
Desember jika teman-teman timnya solid akan mencapai target 100 persen. Angka
kredit sudah mencapai hingga Juni 2014 mencapai sebesar Rp 1,6 triliun dan
apabila dipersentasekan per-semester satu telah mencapai sebesar 96,92%. Dari
sebelumnya di Desember 2013 mencapai sebesar Rp 1,4 triliun. Jadi tumbuh
sebesar Rp 200 miliar dalam waktu enam bulan.
Untuk
giro per Juni 2014 mencapai 110,21% dan sudah mencapai deposito sebesar
114,39%. Sedangkan untuk tabungannya baru mencapai sebesar 75 persen. Tabungan
inilah yang harus ditingkatkannya. Dan melakukan terobosan strategi inovasi
yang lebih fokus pada peningkatan tabungan. Serta mengembangkan strategi pemasaran
yang telah ia kuasainya, yakni meningkatkan event-event sosialisasi tabungan.
Segmentasi tabungan ini akan ditujukan kepada usia anak-anak hingga usia
produktif, dari usia lima tahun hingga 50 tahun. Ini sudah diakomodir dengan
produk-produk yang telah ada.
Berikut
adalah tabel pemegang saham Bank BJB
1.3.3. Potensi Produksi
Usaha-usaha BANK PEMBANGUNAN DAERAH
JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk Cabang Indramayu adalah menghimpun dana dari
masyarakat dalam bentuk simpanan berupa Tabungan, Deposito,
kredit. Berupaya semaksimal mungkin dalam meberikan pelayanan kepada nasabah
penabung, nasabah kredit maupun deposito.
1.3.4. Potensi
Pemasaran
Memberikan
pelayanan yang terbaik, pelayanan prima di dalam produk-produk yang dibutuhkan
masyarakat Indramayu. “Layanan prima yang dimaksud di sini adalah layanan yang
tidak hanya memberikan suatu produk, dimana masyarakat tersebut sudah terdaftar
sebagai nasabah Bank bjb berhak mendapatkan fasilitas layanan ini akan berikan
‘win win solution’, memberikan nilai tambah untuk customer Bank bjb Cabang
Indramayu.
Bank
bjb Cabang Indramayu yang telah dikenal oleh lapisan masyarakat akan bumikan
kembali. Artinya akan memperkenalkan produk-produk ‘is the best’ Bank bjb
Cabang Indramayu kepada masyarakat Indramayu, khususnya. Masyarakat tak perlu
resah untuk menabung di Bank bjb ini, cukup menyetorkan dananya minimal sebesar
Rp 50.000, masyarakat Indramayu sudah menjadi nasabah Bank bjb Indramayu
tersebut dan terlebih nasabah yang menabung sebesar Rp 500 juta secara otomatis
langsung sudah mendapatkan seluruh fasilitas yang ada. berusaha maksimal mungkin
agar Bank bjb ini lebih mendarah daging ke dalam lubuk sanubari masyarakat
Indramayu, Jawa Barat. Inilah jangka menengah dan jangka panjang yang akan dicapai.
BAB II
RENCANA KEGIATAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Rencana
kegiatan PKL pada BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk. Cabang
Indramayu dimulai pada tanggal 23 Juli 2012 sampai 22 Agustus 2014. Praktek
Kerja Lapangan dimulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan pada
BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN,Tbk Cabang Indramayu dimulai dari
:
1.
Administrasi Dukungan
Keuangan.
2.
Administrasi Memo,
Surat Keluar dan Surat Masuk.
3.
Menjadi Assisten Teller
dan Customer Sevice
4.
Administrasi Kredit
KGB.
5.
Administrasi KPR
6.
Administrasi Kasbon
7.
Administrasi Taspen.
8.
Administrasi Garansi
Bank.
9.
Administrasi Pembukaan
Tabungan.
10.
Administrasi
Pengambilan berkas agunan kredit
PELAKSANAAN
KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
1.1.Panitia dan Pembimbing
Lapangan
Berdasarkan hasil rapat pimpinan, staf
dan dosen Fakultas Ekonomi tentang pembentukan Panitia Praktek Kerja Lapangan (
PKL ) Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unwir telah ditetapkan waktu
panitia dan dosen pembimbing lapangan atas dasar musyawarah, mufakat,
kesediaaan kinerja dan loyalitas terhadap fakultas dan universitas dengan
diterbitkannya SK. Dekan FE. UNWIR.
1.2. Peserta Praktek Kerja
Lapangan
Peserta
yang dapat mengikuti Praktek Kerja Lapangan harus memenuhi persyaratan sebagai
berikut :
a. Tercatat
sebagai Mahasiswa Semester 4 (empat) yang masih aktif (tidak sedang cuti
kuliah).
b. Telah
menempuh ujian mata kuliah pada semester 4 (empat).
c. Lunas
membayar uang SPP dan DPP sampai
semester yang sedang
dijalankan.
d. Membayar
biaya pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ke panitia pelaksana Praktek Kerja
lapangan Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unwir Indramayu.
1.3. Lokasi dan Waktu
Pelaksanaan
Berdasarkan
hasil rapat Panitia Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) program studi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi Unwir telah ditetapkan waktu pelaksanaan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) kurang lebih dua bulan selama liburan semester.
Adapun
lokasi pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kesempatan ini, panitia
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih sendiri lokasi PKL sesuai
dengan motivasi dan harapan kedepan mahasiswa adanya persetujuan panitia. Adapun
tempat PKL yakni Bank BJB Cabang Indramayu alamat Jl. Jend. Sudirman No. 106
Indramayu Telp. (0234) 272215, 271801, 272791 waktu pelaksanaan selama kurang
lebih dua bulan mulai dari tanggal 23 Juli 2014 sampai 22 Agustus 2014.
1.4.
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan
Setiap
mahasiswa Fakultas Ekonomi diwajibkan melaksanakan praktek kerja lapangan
dengan topic dan permasalahan masing-masing sesuai situasi dan kondisi pada
tempat PKL, dan masing-masing mahasiswa wajib membuat laporan hasil PKL sesuai
dengan apa yang sudah dilaksanakan.
Berdasarkan
kajian ilmiah program studi manajemen maka kegiatan Praktek Kerja Lapangan
mahasiswa Fakultas Ekonomi Unwir dititik beratkan kepada 4 (empat) aspek kajian
manajemen yaitu :
a. Manajemen
Pemasaran.
b. Manajemen
Keuangan.
c. Manajemen
Sumber Daya Manusia.
d. Manajemen
Produksi.
------ Sambung Laporan PKL Part 5 ------
------ Sambung Laporan PKL Part 5 ------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar