Minggu, 09 November 2014

Laporan PKL di Bank BJB Cabang Indramayu (Part 2)

7. Supervisior
1.      Melayani pembukaan, penutupan rekening giro, deposito, tabungan, kredit, dan rekening Koran.
2.      menghitung dan membagikan modal awal ke teller di awal hari.
3.      Mencocokkan jumlah modal awal secara fisik dengan yang tertulis di form tanda terima modal awal.
4.      Melaksanakan layanan transaksi pick-up service.
5.      Memeriksa laporan harian hasil transaksi masing-masing Teller.
6.      Mencermati transaksi yang terkait dengan ketentuan KYC, Anti Pencuian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT)
7.      Melayani nasabah safe deposit box.
8.      Mengawasi pemberian informasi saldo dan dan kredit kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
9.      Menerima uang, form, dan warkat secara fisik dari teller.
10.  Menyerahkan laporan harian kepada Manager Of Operational.
   8. Teller
1.      Menerima modal awal untuk membuka transaksi dari Teller Supervisor.
2.      Membuka dan mengaktifkan system untuk operasional transaksi
3.      Mencocokan jumlah modal awal secara fisik dengan yang tertulis di form tanda terima modal awal.
4.      Melayani transaksi nasabah yang datang secara tunai /kas dan warkat bank lain serta transaksi online sesuai kewenangan yang berlaku.
5.      Melayani setoran pajak / Penerimaan Negara , BPIH, Western Union, pelayanan jasa bank lainnya dan aktivitas payment point
6.      Melakukan entry data transaksi pertukaran valuta asing jika cabang adalah cabang devisa.
7.      Menghitung total transaksi cash yang dilakukan hari itu.
8.      Membandingkan jumlah uang fisik dan jumlah uang yang tercatat baik diform maupun didalam system.
9.      Menyerahkan laporan harian kepada Teller Supervisor.
10.  Menyerahkan uang, form, warkat secara fisik kepada Teller Supervisor.
   9. Customer Service
1.      Melayani pembukuan, penutupan serta pemeliharaan rekening giro, deposito, tabungan, Kredit dan rekening Koran.
2.      Melayani print out rekening nasabah
3.      Mengelola daftar hitam bank indonesia
4.      Melayani informasi saldo dana & kredit kepada yang berhaksesuai ketentuan yang berlaku.
5.      Melayani permohonan pembuatan dan penutupan kartu ATM , kartu Debet, dan kartu Kredit.
6.      Melayani pengaduan nasabah.
7.      Melaksanakan penhkinian data (up dating) dan KYC Serta anti percucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.
8.      Menatausahan penarikan penarikan cek/bilyet giro kosong.
9.      Menyimpan dan mem-filing seluruh administrasi nasabah.
10.  Menyerahkan laporan ke Supervisor untuk ditindaklanjuti.
 10    Back Office
1.      Mengadministrasi pembayaran angsuran kredit.
2.      Mengelola dan mengawasi staf dalam pengelolaan administrasi kredit.
3.      Mengelola dan menyiapkan dokumen akad kredit.
4.      Mengawasi dan memonitoring pengelolaan kolektibilitas dan PPAP kredit.
5.      Mempersiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk kelancaran operasional DPLK.
6.      Memeriksa dan memonitorig rekap buku kredit dan cadangan kredit.
7.      Memeriksa laporan mutasi bulanan untuk dilaporkan ke kantor pusat selambat-lambatnya tanggal 10 bulan berikutnya.
8.      Mengelola dan memelihara database kepesertaan di sistem DPLK.
9.      Memeriksa dan memonitoring transaksi pemindahbukuan kiriman uang, BI-RTGS, MPN, SP2D, DPLK, Kliring, dan jasa lainnya.
10.  Memeriksa laporan premi, amortisasi untuk pihak asuransi.
 11.      Staf IT
1.      Memastikan jalannya operasional IT antor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
2.      Memastikan jalannya seluruh hardware IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
3.      Memastikan jalannya seluruh software IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
4.      Memastikan jalannya sistem otomasi IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
5.      Memastikan jalannya data server IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
6.      Menerima dan menindaklanjuti aduan user terhadap gangguan IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
7.      Melaporkan ke bagian IT kantor pusat bila mengalami gangguan IT yang tidak dapat terselesaikan.
8.      Menangani pemeliharaan rutin system IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
9.      Menyusun laporan pengelolaan IT kantor cabang, KCP, Dan Kantor Kas.
12.      Staf SDM
1.      Menerima permohonan absensi, cuti, lembur dari SDM Kantor Cabang.
2.      mengajukan permohonan absensi, cuti kepada branch Manager untuk dimintakan persetujuannya.
3.      Mencatat dalam system seluruh administrasi absensi, cuti, lembur, SDM cabang kantor.
4.      Mengumpulkan dan menyusun form penilaian kerja yang telah diisi.
5.      Menghitung dan mengelola penggajian, cuti, lembur, dan insentif lainnya seluruh SDM kantor cabang.
6.      Mengirimkan form penilaian kinerja yang telah diisi kepada bagian Human Capital.
7.      Menghitung, dan mengelola pajak PPH 21 Maupun PPH lainnya ke kantor pajak atau lembaga yang ditunjuk.
8.      Menyerahkan dan melakukan koordinasi hasil perhitungan gaji dan pajak pajak ke divisi terkait.
9.      Mendistribusiakan resi perhitungan gaji ke seluruh SDMkantor cabang by system.
10.  Menyusun laporan rutin pengelolaan ke SDM kantor Cabang.
13. Staf Umum
1.      Mengelola kesekretariatan dan administrasi umum cabang
2.      mengelola, menerima, mengirimkan dan menyimpan seluruh aktivitas surat-menyurat kantor cabang,
3.      Mengelola pelayanan komunikasi ( fax, telepon, e-mail, dsb)
4.      mengelola, mengarsipkan berkas transaksi perbankan.
5.      Memeriksa kondisi dan ketersediaan inventaris kantor.
6.      Menentukan kebutuhan logistik operasional dan rumah tangga kantor cabang.
7.      Mengelola Petty cash cabang.
8.      mengelola pengamanan gedung, kas, parkir, satpa.
9.      Mengurusi legaliats  dan perijinan kantor cabang berserta kantor layanan dibawahnya.
10.  Mengelola asuransi aset cabang.
14.      Staf keuangan dan Akuntansi
1.      Mengumpulkan berkas seluruh dokumen transaksi keuangan dan akuntansi kantor cabang.
2.      Memastikan bahwa seluruh account pada laporan keuangan bersaldo normal.
3.      Memantau transaksi keuangan kas harian cabang
4.      Menyusun laporan keuangan kas harian, mingguan untuk kebutuhan internal.
5.      Menyusun laporan keuangan bulanan dan tahunan untuk kebutuhan branch Operational diteruskan kepada Branch manager.
6.      Mengelola rekonsiliasi RAK, rekening perantara, dan Rekening sementara.
7.      mencetak rekening koran.
8.      membuat laporan cek bulanan teller.
9.      Melakukan Back-up transaksi data harian.

10.  membuat laporan pembebanan biaya administrasi dan koreksi charge suspene.

1.2.4        Jenis usaha / kegiatan Lokasi  PKL

1. Bjb Deposito
Keuntungan :
Suku Bunga yang Kompetitif
Suku bunga bjb Deposito yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang.
Jangka Waktu (Bulan)
Tingkat Suku Bunga
1 (satu)
6.25% p.a
3 (tiga)
6.25% p.a
6 (enam)
6.50% p.a
12 (dua belas)
6.50% p.a
24 (dua puluh empat)
6.50% p.a
Fitur bjb Deposito :
-        Minimal Penempatan Rp.2.500.000,-
-        Tidak ada batasan kelipatan.
-        Jangka Waktu 1, 3, 6, 12 dan 24 bulan.
-        Fasilitas bunga masuk pokok.
-        Fasilitas ARO (Automatic Rollover).
Diperuntukkan bagi semua kalangan (perorangan & non perorangan).
Ketentuan :
Perorangan :
Warga Negara Indonesia : membawa KTP/SIM/Paspor asli.
Warga Negara Asing : Paspor dan KIMS/KITAS (Kartu Ijin Menetap Sementara/Kartu Ijin Tinggal Sementara).
Perusahaan :
-        KTP/SIM/Paspor pejabat yang berwenang.
-        SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan dan perubahannya yang terakhir.
-        Biaya meterai pada saat pembukaan dan pencairan deposito sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
-        Bunga dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku
 2. Bjb Deposito Suka-suka
Keuntungan :
Suku Bunga yang Kompetitif
Suku bunga bjb Deposito Suka Suka yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang.
Jangka Waktu (Bulan)
Tingkat Suku Bunga
1 (satu)
6.25% p.a
3 (tiga)
6.25% p.a
6 (enam)
6.50% p.a
12 (dua belas)
6.50% p.a
Fitur Porduk
-        Minimal Penempatan Rp.10.000.000,- dan maksimal Rp.250.000.000,- per bilyet
-        Tidak ada batasan kelipatan
-        Dapat dicairkan kapan saja tanpa denda penalty.
-        Fasilitas bunga masuk pokok.
-        Fasilitas ARO (Automatic Rollover).
Pencairan bjb Deposito Suka Suka yang dilakukan dalam jangka waktu kurang dari 1 (satu) bulan diberikan bunga secara proporsional dengan tingkat suku bunga sebesar 3,50% p.a
Pencairan sebelum jatuh tempo yang dilakukan setelah melewati atau sama dengan 1 (satu) bulan, diberikan tingkat suku bunga berjalan bjb Deposito Suka Suka secara proporsional.
Persyaratan pembukaan bjb Deposito Suka Suka :
Peruntukan Nasabah Perorangan:
-        Warga Negara Indonesia : membawa KTP/SIM/Paspor asli.
-        Warga Negara Asing : Paspor dan KIMS/KITAS (Kartu Ijin Menetap Sementara/Kartu Ijin Tinggal Sementara).
-        Biaya materai pada saat pembukaan dan pencairan deposito sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
-        Bunga dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku
3. Bjb Giro Perorangan
Kemudahan :
Penyetoran dan penarikan dapat dilakukan di semua kantor cabang bank bjb.
bjb Giro dengan Cek dan Bilyet Giro, transaksi bisnis Anda menjadi lebih mudah.
Kemudahan bertransaksi melalui ATM, (khusus rekening bjb Giro perorangan).
Tersedia pilihan rekening gabungan atau joint account (khusus rekening perorangan).
Persyaratan :
Setoran awal Rp. 1.000.000,-
Saldo minimum Rp 500.000,-
Biaya administrasi Rp 10.000,-
Biaya penutupan rekening Rp 10.000,-
Biaya cetak ulang rekening Koran Rp 2.500,-
Tidak termasuk daftar hitam BI
Biaya Pencetakkan Rekening Koran
≤ 3 bulan Rp 2.500 / salinan / bulan
> 3 s.d 6 bulan Rp 5.000 / salinan / bulan
> 6 s.d 9 bulan Rp 7.500 / salinan / bulan
> 9 s.d 12 bulan Rp 10.000 / salinan / bulan
> 12 bulan Rp 15.000 / salinan / bulan
Perorangan :
17 tahun ke atas atau telah menikah
Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening beserta dokumen pendukungnya
Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS), dan NPWP
1 lembar pas foto 4x6
Dikenakan biaya administrasi bulanan
Badan Usaha:
Mengisi dan menandatangani formulir permohonan beserta pendukungnya
Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS pejabat yang berwenang), NPWP, TDP, SIUP, dan Akte pendirian perusahaan
Harga Cek :
Isi
Harga
5 lembar
Rp. 25.000,-
10 lembar
Rp. 40.000,-
25 lembar
Rp. 90.000,-
Tingkat suku bunga bjb Giro :
Giro Kasda
SALDO < Rp. 5.000.000
0.00%
SALDO ≥ Rp. 5.000.000
3.00%
Umum & Bendahara
SALDO < Rp. 5.000.000
0.00%
SALDO ≥ Rp. 5.000.000
1.00%
SALDO ≥ Rp. 25.000.000
1.50%
SALDO ≥ Rp. 100.000.000
2.00%
BANK LAIN
SALDO < Rp. 10.000.000
0.00%
SALDO ≥ Rp. 10.000.000
0.25%
SALDO ≥ Rp. 50.000.000
0.50%
Top of Form
                             















4. Bjb Kredit Guna Bhakti
bjb Kredit Guna Bhakti adalah Pembiayaan yang diberikan oleh bank bjb untuk debitur berpenghasilan tetap yang gajinya disalurkan melalui bank bjb atau perusahaan tempat debitur bekerja memiliki perjanjian kerjasama dengan bank dimana sumber pengembaliannya berasal dari gaji debitur.
Jangka Waktu dan Plafond Kredit
Jenis Debitur
Jangka Waktu
Plafond
PNS Pemda & PNS Non Pemda
12 Tahun
dibatasi oleh ketentuan maksimal angsuran terhadap gaji bersih sesuai ledger
CPNS Pemda & CPNS Non Pemda
5 Tahun
dibatasi oleh ketentuan maksimal angsuran terhadap gaji bersih sesuai ledger
Pensiunan Sendiri/Janda/Duda
10 Tahun
s.d Rp.150 Juta
Kepala Daerah & Wakil Kepala Daerah
Sesuai Masa Jabatan
dibatasi oleh ketentuan maksimal angsuran terhadap gaji bersih sesuai ledger
Anggota DPR/DPD
Maksimal 3 Bulan Sebelum Masa Jabatan Terakhir
Anggota TK I s.d Rp.350 Juta
Anggota TK II s.d Rp.300 Juta
Karyawan Swasta
5 Tahun
s.d Rp.100 Juta


 5. Bjb KPR
Fasilitas Kredit yang diberikan bank bjb kepada calon debitur untuk kepemilikan rumah tinggal berupa rumah tapak atau rumah susun/apartemen, baik baru maupun bekas.
bjb Mortgage
Fasilitas Kredit yang diberikan bank bjb selain tujuan pembelian Rumah Tinggal Yaitu :
Pembelian / Pemilikan Non Rumah Tinggal 
Multiguna, Refinancing atau Renovasi 
Membangun 
Take Over 
Top Up 
Keunggulan
Bunga Kompetitif.
Proses Cepat & Mudah.
Jangka Waktu Fleksibel s.d 15 tahun.
Memiliki Jaringan Kerjasama dengan Developer di kota-kota besar di seluruh Indonesia.
Biaya – Biaya
Provisi.
Administrasi.
Premi Asuransi Jiwa & Kerugian
Biaya Notaris.
Biaya Transaksi Agunan.
Persyaratan Umum
Warga Negara Indonesia 
Jenis Pekerjaan : 
Pegawai Aktif (PNS, Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Swasta Dalam Negeri dan Pegawai Swasta Asing yang penghasilannya dapat diverifikasi). 
Professional yang penghasilannya dapat diverifikasi. 
Wiraswasta yang penghasilannya dapat diverifikasi. 
Pensiunan. 
Usia Pemohon minimal 21 tahun / pernah menikah dan saat kredit lunas berusia maksimal 55 tahun (pegawai), 65 tahun (professional/wiraswasta) dan 70 tahun (Pensiunan). 
No
Jenis Dokumen
Pegawai
Profesional
Wiraswasta
A
Dokumen Pribadi Calon Debitur
1
Asli Aplikasi bjb KPR
2
Copy KTP pemohon dan (suami/istri), Copy Kartu Keluarga, Copy NPWP Pribadi
3
Copy Akta/Surat Nikah Bagi Pemohon yang sudah menikah
4
Copy Akta Cerai atau Surat Keterangan Meninggal pasangan bagi pemohon yang berstatus duda/janda
5
Surat Pernyataan Belum Menikah bagi pemohon yang belum menikah
B
Dokumen Penghasilan
1
Asli slip gaji terakhir / Surat Keterangan Penghasilan


2
Copy Surat Keputusan (SK) pengangkatan pegawai, SK terakhir atau Asli Surat Keterangan Bekerja


3
Copy rekening koran dari tabungan / giro pribadi 3 bulan terakhir
4
Copy rekening koran dari tabungan / giro perusahaan 3 bulan terakhir

5
Laporan Keuangan Perusahaan 2 periode terakhir dan / atau copy bukti / catatan transaksi usaha

6
Copy Akta Pendirian Perusahaan beserta perubahannya


7
Copy izin usaha : Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan, Surat Izin Tanda Usaha, Surat Izin Industri dan Surat Keterangan Usaha

8
Copy Izin Praktik Profesi


C
Dokumen Agunan
1
Copy Sertifikat Tanah obyek agunan
2
Copy IMB dan PBB Terakhir
3
Asli Surat Penawaran Rumah dari penjual atau sejenisnya
*) untuk Pegawai Swasta, Surat Keterangan Penghasilan, Surat Keterangan Bekerja, Keterangan Lama Bekerja, dan Surat Keterangan Jabatan dapat disampaikan dalm 1 format Surat keterangan.
# Tingkat suku bunga produk KPR & Mortgage
Produk
Loan Type
Suku Bunga
Masa Fixed
Suku Bunga Thn Berikutnya
bjb KPR :
Primary (RT)
E9D
9,75% p.a eff
1 Thn
Floating
Secondary (RT)
E9I
11,00% p.a eff
1 Thn
Floating
bjb Consumer Mortgage :
Pembelian Primary (NRT)
KO1
11,00% p.a eff
1 Thn
Floating
Pembelian Secondary (NRT)
KO2
12,00% p.a eff
1 Thn
Floating
Take Over (RT & NRT)
J01
9,75% p.a eff
1 Thn
Floating
Membangun (RT & NRT)
J03
12,50% p.a eff
1 Thn
Floating
Multiguna (RT & NRT)
J04
12,00% p.a eff
1 Thn
Floating
Top Up (RT & NRT)
-
11,00% p.a eff
1 Thn
Floating
bjb Commercial Mortgage :
Pembelian Primary (NRT)
KO3
12,00% p.a eff
1 Thn
Floating
Pembelian Secondary (NRT)
KO4
12,50% p.a eff
1 Thn
Floating
Top Up (NRT)
-
12,50% p.a eff
1 Thn
Floating
Lainnya :
bjb KPR & MortgagePegawai bank bjb
E9J,E9K
6.99% p.a eff
2 Thn
Floating

                                               ------------ Sambung Laporan PKL Part 3 -------------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar