Minggu, 09 November 2014

Laporan PKL di Bank BJB Cabang Indramayu (Part 5)

PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
No
Hari /Tanggal
Kegiatan
Masalah Yang Timbul
Pemecahan Masalah
1.







2.











3.



4.




5.



6.



7.




8.




9.
Senin – jum’at, 23 Juni – 22  Agustus 2014





Senin – jum’at,
30 Juni – 04 Juli  2014









Senin – jum’at,
07  – 11 Juli 2014

Senin – jum’at,
14 – 18 Juli 2014



Senin – jum’at,
21 – 25 Juli 2014

Senin – Jumat, 28 Juli – 1 Agustus 2014

Senin – jum’at,
04 -08 Agustus 2014


Senin – jum’at,
11 -15 agustus 2014


Senin- Jum’at, 18 – 22 Agustus 2014
 Administrasi Konsumer

- Membuat Surat   dukungan Keuangan




-Administrasi pengambilan berkas kredit KGB

-Administrasi Setoran Kredit mikro dan KGB






Administrasi Garansi Bank


Administrasi KGB
Administrasi Surat Masuk, Surat Keluar, dan Memo.

Menjadi Assisten Teller dan Customer Service.

Libur dan Cuti Bersama Idul Fitri.


Membuat Surat   dukungan Keuangan



Administrasi KGB
Administrasi Surat Masuk, Surat Keluar, dan Memo.

-Administrasi pengambilan berkas kredit KGB

-


Harus diketahui tanggal pertama pembuatan rekening.

Harus diketahui
No. PK


Menyetor ke Teller tidak boleh lebih dari jam 15.00






-



-



              -




          -
         

            -
-


Bertanya pada CS melihat EQ.


Membuka EQ



Disetor jam 17.00 mengikuti setoran samsat.





-



          -



          -




       -


        -


BAB IV
MASALAH YANG DITEMUI DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

1.1.            Masalah-masalah Lokasi Praktek Kerja Lapangan
1.1.1.      Masalah sumber daya manusia
Dari segi nasabah dibagian Customer Servise (CS) banyak yang tidak ikut aturan antrian sehingga kadang terjadi perselisihan antar nasabah lain yang sudah antri. Tetapi dibagian Teller sudah sangat baik karena tiap nasabah mematuhi aturan antri sehingga tercipta keadaan yang kondusif. Dari segi kualitas tingkat pendidikan pegawai merupakan penilaian yang mendasar untuk mengetahui tingkat kemampuan dan pengetahuan seseorang. Namun Bersumber dari karyawan Bank BJB Cabang Indramayu sendiri bahwasanya untuk memperoleh suatu jabatan dalam struktur organisasi yang layak, semestinya karywan mempunyai kapasitas keilmuan, kemampuan, pengalaman kerja dan pendidikan terakhir karywan yang sesuai dengan struktur dalam organisasi perbankkan, agar karyawan mengetahui kondisi dan situasi perusahaan, dan juga komunikasi antara atasan dan bawahan kurang sehingga untuk mengambil keputusan kurang efektif dan evisien.
1.1.2.      Masalah Keuangan
Setelah dilihat dari Laporan keuangan pada Bank BJB Cabang Indramayu Baik dan transparan karena setiap periode di publikasikan dalam website.

1.1.3.      Masalah Produksi
Tidak ada masalah yang berarti karena banyak produk yang ditawarkan Bank BJB karena letaknya dipusat kota banyak nasabah yang menggunakan produk yang ditawarkan seperti Tabungan Tandamata, Deposito, dan Kredit untuk para pegawai PNS, Politikus seperti anggota DPRD, Pensiunan dan TNI/Polri.

1.1.4.      Masalah Pemasaran
      Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp1,22 triliun. Potensi penyaluran KUR di Jawa Barat masih sangat besar permintaan kredit mikro itu masih tinggi. Khusus untuk kredit mikro, termasuk KUR sebagian ebsar diserap oleh pengusaha sektor perdagangan.
Sekitar 98 persen kredit program tersebut diserap dilebih banyak dan hingga ke peloksok kecamatan. untuk membantu debitor kredit mikro, disamping memfasilitasi kredit juga memberikan pendampingan dan membantu membuat jaringan pemasaran. fungsi perbankan tidak hanya pada penyaluran pinjaman, namun juga membantu debitur untuk bisa memaksimalkan modal kerja dan usahanya.
Pendampingan dilakukan untuk memastikan membantu pemecahan masalah, memberi solusi yang tepat baik sisi manajemen, produksi hingga pemasaran," katanya.

1.2. Kerangka Pemikiran Usulan Pemecahan Masalah
1.2.1.      Pemecahan Masalah Sumber Daya Manusia
Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pada Bank BJB perlu adanya pendidikan dan pelatihan pada karywan yang belum menguasai kapasitas keilmuan tantang Perbankkan,
Perbaikan nasabah pada Customer Service (CS), Sikap tegas karyawan CS dan Satpam harus lebih ditingkatkan agar nasabah yang tidak sabaran antrian bisa lebih  mentaati aturan dan ikut bersabar sama seperti nasabah lain yang ikut antrian.
Pelayanan Pendidikan dan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang lebihbaik dari karyawan kepada nasabah perusahaan, karena pemberian pelayanan yang baik merupakan daya menarik yang sangat penting bagi rekanan-rekanan perusahaan bersangkutan.
1.2.2.      Pemecahan Masalah Pemasaran
Untuk memperbanyak karyawan di bidang pemasaran produk karena makin banyaknya nasabah Bank BJB dan melakukan promosi di media cetak untuk menambah minat masyarakat terhadap perbankan yang ada di daerah.

BAB V
PENUTUP

1.1.Kesimpulan
Bank BJB  (dahulu dikenal dengan Bank Jabar Banten) adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat danBanten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang, 304 Kantor Cabang Pembantu, 140 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 103 Payment Point, 4 Kantor Wilayah, dan 473 Waroeng BJB.
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990. Dirut Bank BJB saat ini adalah Bien Subiantoro.
Berdasarkan hasil diperoleh oleh penulis selama melakukan praktek Kerja Lapangan di Bank BJB Cabang Indramayu pada Bagian Penanganan Proses Kredit, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa mengembangkan dunia Perbankan sangatlah penting bagi kehidupan kita karena dengan adanya Badan Usaha keuangan (Perbankan) dapat membantu keuangan rakyat, membantu usaha rakyat, dan membantu Ekonomi Negara. Sehingga adanya penanganan Proses kredit masyarakat kecil dapat dibantu dengan pinjaman uang dari badan usaha keuangan (Bank) agar keuangan rakyat maupun ekonomi rakyat lebih baik.
1.2.Saran
Selama Penulis melakukan praktek kerja lapangan di Bank BJB Cabang Indramayu, penulis akan memberikan sedikit saran pada Bank BJB adapun saran dari penulis yaitu :
Ø  Agar Karyawan Bank BJB disiplin pada jam masuk istirahat jam 13.00 supaya nasabah bisa langsung dilayani tidak harus menunggu terlalu lama.
Ø   kedisiplinan petugas arsip dalam menyusun arsip –arsip perbankkan agar efektif dalam mencari berkas yang ingin diambil oleh nasabah.
Ø  Dengan semakin berkembangnya dunia perbankkan saat ini, maka diharapkan agar sistem pelayanan yang di berikan oleh Bank BJB lebih di tingkatkan agar mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien.
            

DAFTAR PUSTAKA

Rekapitulasi Pegawai bank BJB cabang Indramayu Tahun 2014
Bukti lapran Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi kabupaten indramayu.
Deskripsi jabatan Bank BJB Tahun 2014

www.bankbjb.co.id


2 komentar:

  1. Baccarat | Online Betting in Casino | Free Money No Deposit
    No deposit or deposit bonus 바카라 사이트 is the act of offering you access งานออนไลน์ to real money online casino games and sports betting. You 제왕 카지노 will find many online betting

    BalasHapus